Advertisement

Pedagang Beringharjo Sebut Kunjungan pada Long Weekend Waisak 2024 Lebih Tinggi Dibanding Lebaran

Alfi Annisa Karin
Minggu, 26 Mei 2024 - 15:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pedagang Beringharjo Sebut Kunjungan pada Long Weekend Waisak 2024 Lebih Tinggi Dibanding Lebaran Suasana Pasar Beringharjo - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pasar Beringharjo utamanya di sisi barat merupakan destinasi favorit wisatawan untuk membeli pakaian batik ataupun oleh-oleh.

Ketua Paguyuban Pedagang Beringharjo Barat Ahmad Zainul Bintoro menuturkan geliat pengunjung saat long weekend atau libur panjang dalam rangka Waisak 2024 kali ini terbilang tinggi. Bahkan lebih tinggi dibanding dengan long weekend paskah beberapa waktu lalu dan libur lebaran.

Advertisement

Dia menyoroti perilaku wisatawan saat libur lebaran beberapa waktu lalu. Misalnya, libur lebaran diawali dengan beberapa kali libur nasional. Wisatawan cenderung untuk menuju ke lokasi lain dulu, baru berakhir di Kota Jogja. Ini menyebabkan kunjungan wisatawan saat lebaran tak begitu tinggi lantaran tujuan wisatawan terpecah, tak hanya di Kota Jogja saja.

Kondisi ini berimbas pada omzet pedagang Pasar Beringharjo. Lalu, meningkat pada saat long weekend kali ini.

"Kalau kenaikan antara 50 persen hingga 70 persen, sehingga memang ini ya kita bersyukur kalau ada long weekend. Nanti juga akan berpengaruh terhadap pedagang dan akan mengalami kenaikan penjualan," jelas Bintoro saat dihubungi, Minggu (26/5/2024).

BACA JUGA: Libur Panjang, Pasar Beringharjo Diserbu Wisatawan

Bintoro mengatakan penjualan merata ke semua pedagang. Namun, besarannya pastilah berbeda. Tergantung pada lokasi kios dan produk yang dijual masing-masing pedagang. Sejauh ini, produk pakaian batik masih menjadi yang paling diincar. Lalu, ada juga pakaian sehari-hari dan juga pakaian pengantin.

"Kalau menurut saya rezeki tidak tau, tapi jelas kalau pengunjung sangat luar biasa banyaknya. Saat minggu-minggu kemarin sampai sekarang yang masuk ke Beringharjo sangat banyak. Tapi kalau saya kira memang untuk penjualan tiap-tiap kios pasti tidak sama," ungkapnya.

Bintoro menyebut, berdasarkan pengamatannya kepadatan pengunjung memang tak hanya terjadi di Pasar Beringharjo. Namun, juga merata hingga ke Teras Malioboro satu dan dua. Di sisi lain, menurut Bintoro Pasar Beringharjo barat akan tetap menjadi jujukan bagi wisatawan.

"Karena barang-barang yang disediakan itu juga harga terjangkau dan barang berkualitas. Semoga kedepan Pasar Beringharjo semakin ramai karena pasar itu tidak hanya pasar biasa, tapi juga bisa menjadi tujuan wisata, pasar wisata," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah Dikabarkan Wafat Akibat Serangan Udara Israel

News
| Sabtu, 28 September 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement