Advertisement

Kulonprogo Dipilih KPK Jadi Kabupaten Percontohan Antikorupsi

Triyo Handoko
Selasa, 28 Mei 2024 - 15:37 WIB
Maya Herawati
Kulonprogo Dipilih KPK Jadi Kabupaten Percontohan Antikorupsi Bimtek Program Percontohan Kabupaten/Kota Antikorupsi di Aula Adikarta, Sekretariat Daerah Kulonprogo yang dibuka Plh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Rino Haruno (ketiga kiri) bersama Penjabat Bupati Srie Nurkyatsiwi (ketiga kanan) pada Selasa (28/5 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGOKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih Kulonprogo sebagai salah satu penerima program pembentukan procontohan kabupaten/kota antikorupsi bersama beberapa wilayah lain.

Terpilihnya Kulonprogo sebagai percontohan antikorupsi ini membuat Pemkab mulai melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) pada Selasa (28/5/2024).

Advertisement

Bimtek itu juga turut dihadiri pelaksana harian Direktur Pembinaan Masyarakat KPK, Rino Haruno dimana dijelaskannya keputusan memilih Kulonprogo didasarkan pada observasi hingga tinjauan lapangan yang sudah dilakukan lembaga antirasuah ini.

"Sudah sejak Februari hingga Maret kemarin kami melakukan penilain ke Kulonprogo dan daerah lain sebelum memutuskan mana yang akan jadi percontohan antikorupsi," jelasnya.

Rino menyebut selain Kulonprogo, KPK juga memilih daerah lain untuk jadi percontohan antikorupsi seperti Kabupaten Bandung, Kota Payakumbuh dan Surakarta. Ia menyebut salah satu faktor terpilihnya Bumi Binangun sebagai kabupaten percontohan antikorupsi adalah nilai kearifan lokalnya.

BACA JUGA: Kasus Sifilis di Bantul Melonjak hingga 97 Pasien di 2023

Faktor kearifan lokal Bumi Binangun dalam pencegahan korupsi, jelas Rino, ditunjukan dengan budaya partisipatif masyarakatnya. “Peran serta masyarakat dari Tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda itu perannya sangat penting. Jadi mereka mengawasi dan memberikan masukan terhadap pemerintah," katanya.

Terpilihnya Kulonprogo sebagai percontohan antikorupsi disambut baik Penjabat Bupati Srie Nurkyatsiwi. Perempuan yang akrab disapa Siwi ini menjelaskan capaiia itu sebagai bukti komitmen Pemkab Kulonprogo  membangun sikap integritas dan transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan.

Siwi menyebut dengan terpilihnya Kulonprogo dalam program antikorupsi ini mesti terus meningkatkan semangat organisasi pemerintah daerah (OPD) dalam memberikan layanan terbaiknya. Ia menegaskan kearifan lokal yang ada juga mesti terus dipertahankan sebagai modal membangun semangat tersebut. "Maka ini menjadi modal kita, bagaimana kearifan lokal ini kita bangun bersama. Jadi pelestarian budaya anti korupsi di Kabupaten Kulonprogo, ini senantiasa kita dengungkan,” katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement