Advertisement

PELAYANAN PUBLIK: Konsultasi Ekspor-Impor Kini Bisa Lewat JBSC

Media Digital
Rabu, 29 Mei 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
PELAYANAN PUBLIK: Konsultasi Ekspor-Impor Kini Bisa Lewat JBSC Jogja Business Service Center Layanan konsultasi terpadu. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Jogja semakin Istimewa. Kantor Bea Cukai Yogyakarta bersama Pemda DIY dan didukung Kantor Perwakilan BI DIY, meluncurkan inovasi pelayanan bertajuk Jogja Business Service Center (JBSC). Inovasi ini menjadi wadah memfasilitasi pelaku usaha di DIY untuk berkonsultasi mengenai permasalahan dan kendala ekspor dan impor.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Tedy Himawan, mengatakan JBSC dapat diakses melalui jbsc.jogjaprov.go.id. Berbagai instansi dan lembaga siap membantu untuk menjawab segala pertanyaan serta memberikan solusi atas permasalahan yang disampaikan oleh pelaku usaha. Selain Bea Cukai Yogyakarta, Disperindag DIY, dan Kantor Perwakilan BI DIY, JBSC juga diampu oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Investasi/BKPM, Kemenkumham DIY, Kadin DIY, dan sejumlah lembaga lain.

Advertisement

“JBSC diresmikan 16 September 2021 di Kantor Perwakilan BI Yogyakarta. Launching JBSC dihadiri secara daring oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani, dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti,” kata Tedy dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Rabu (29/5/2024).

Peresmian website JBSC tersebut sekaligus sebagai Pengukuhan Forum Komunikasi dan Konsultasi Ekspor Impor DIY (Forkom Exim DIY) . Pembentukan Forkom Exim DIY dan pengembangan JBSC merupakan salah satu strategi untuk mendorong pertumbuhan ekspor daerah, khususnya di DIY. Pada laman jbsc.jogjaprov.go.id, terdapat berbagai topik layanan konsultasi, antara lain kepabeanan dan cukai, ekspor dan impor, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), legalitas usaha, pelatihan

pemasaran, standardisasi produk, surat keterangan asal (SKA), pembiayaan, pengiriman barang, serta perpajakan.

“Tersedia pula menu FAQ, di mana pengunjung laman JBSC dapat mengetahui pertanyaan/konsultasi yang sering ditanyakan. Calon pelaku usaha ekspor dan impor juga bisa menambah pengetahuan melalui menu video edukasi dan inspirasi ekspor, tim JBSC,” katanya.

Untuk berkonsultasi di JBSC, caranya mudah! Ikuti langkah berikut ini:

1. Klik tombol “Konsultasi” pada menu pojok kanan atas

2. Pilih kategori konsultasi sesuai dengan topik yang ingin anda sampaikan ke tim JBSC

3. Isikan data diri dan usaha anda untuk proses pendataan pelaku usaha dan validasi

4. Tulis konsultasi anda dengan Bahasa yang jelas

5. Klik tombol kirim

“Semua pertanyaan yang masuk ke JBSC pasti akan dijawab. Status konsultasi juga dapat dicek menggunakan menu “Cek Status” di menu pojok kanan atas. Masukkan kode tiket konsultasi, kemudian ketik keycode yang ada di laman, kemudian klik Cari,” kata Tedy. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Joe Biden Akui Penampilannya Kurang Maksimal di Debat Perdana Pilpres AS

News
| Sabtu, 29 Juni 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement