Advertisement

Miris! Ratusan Guru PAUD yang Mengajar Sejak 2015 di Bantul Tidak Dapat Honor

Jumali
Rabu, 29 Mei 2024 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Miris! Ratusan Guru PAUD yang Mengajar Sejak 2015 di Bantul Tidak Dapat Honor Unjuk rasa guru honorer di Blitar, Jawa Timur. - Antara - Irfan Anshori

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sebanyak 200 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bantul belum mendapatkan honor dari APBD Pemkab Bantul. Padahal, mereka telah mengajar di beberapa PAUD di Bumi Projotamansari sejak 2015 lalu.

"Untuk itu, kami beberapa waktu lalu telah melakukan audiensi dengan Pak Bupati agar teman-teman yang mengajar ini, honornya bisa dicover APBD Kabupaten Bantul," kata Wakil Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Bantul, Ana Masruhah, Rabu (29/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Korupsi Taru Martani, Kejaksaan Jangan Berhenti Setelah Tetapkan Tersangka NAA

Menurut Ana, saat ini di Bantul ada sebanyak 1.800 guru yang mengajar di 700 PAUD di Kabupaten Bantul. Dari jumlah tersebut, 200 pengajar belum mendapatkan honor dari APBD Kabupaten Bantul. Padahal, mereka setiap hari mengajar selama 3 sampai 4 jam dan mulai mengajar sejak 2015 lalu.

"Jadi di tempat kami memang ada beberapa grade. Untuk yang mengajar sejak 2015 sampai saat ini belum mendapatkan honor. Ada juga grade yang lain, mendapatkan honor sebesar Rp200.000 per bulan dan ada juga yang mendapatkan honor Rp300.000 per bulan. Untuk penerimaan sendiri dirapel, 3 bulan sekali," ungkap Ana.

Atas kondisi tersebut, Ana berharap agar 200 guru PAUD yang belum mendapatkan honor, ke depan bisa mendapatkan bantuan dari APBD Kabupaten Bantul 2025. Sebab, 200 guru PAUD ini selama ini hidup dari dengan usaha lain, seperti berjualan.

"Yang penting bagi kami adalah teman-teman yang belum dapat honor. Mereka dulu yang diusahakan untuk mendapatkan honor. Baru setelah dirasa APBD cukup, kita yang sudah mendapatkan honor bisa dinaikkan," paparnya.

BACA JUGA: Hewan Kurban di Wilayah Bantul Sehat dan Aman Dikonsumsi, Segini Harganya

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam sidang paripurna yang digelar di Gedung DPRD Bantul, Rabu (29/5/2024) siang berharap agar nasib dari para pengajar untuk tingkat PAUD diperhatikan. Harapannya, kata Joko, kedepan APBD Bantul bisa mengalokasikan untuk menambah keesejahteraan bagi guru PAUD.

"Karena jika mengandalkan dana dari kalurahan jelas enggak mampu. Makanya kini kita sedang kaji regulasi yang ada dan hitung kebutuhannya agar pada APBD 2025 bisa menambah kesejahteraan bagi guru PAUD," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Stok Darah PMI DIY Sabtu 6 Juli 2024

Stok Darah PMI DIY Sabtu 6 Juli 2024

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petugas Gulkarmat Evakuasi Enam Orang yang Terjebak dalam Lift di Jakbar

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement