Advertisement

Puluhan Ribu Bendera Merah Putih Dibagikan kepada Masyarakat dan Wisatawan

Alfi Annisa Karin
Kamis, 30 Mei 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan Ribu Bendera Merah Putih Dibagikan kepada Masyarakat dan Wisatawan Bendera Merah Putih. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 10.000 bendera merah putih bakal dibagi-bagikan oleh Badan Kesbangpol Kota Jogja kepada masyarakat. Aksi ini merupakan gelaran serentak yang diinisiasi oleh Kemendagri.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Jogja, Widyastuti membenarkan bahwa pihaknya akan membagikan 10 ribu bendera merah putih. Ini merupakan gelaran serentak se-Indonesia yang digawangi oleh Kemendagri. Ditargetkan akan ada 1 juta bendera yang dibagikan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Advertisement

Widyastuti menyebut ukuran bendera yang dibagikan bervariasi. Mulai dari kecil hingga sedang. Bendera akan dibagikan kepada masyarakat maupun wisatawan. Lalu juga ditujukan bagi mahasiswa luar daerah yang tinggal di asrama mahasiswa di Kota Jogja.

Untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas, pembagian akan dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti stasiun, pasar tradisional, hingga pasar modern.

Selain itu, bendera merah putih juga akan dibagikan bersamaan dengan berbagai gelaran event di Kota Jogja. Salah satunya, saat pelaksanaan parade etnik di Titik Nol Kilometer, 1 Juni mendatang. Setidaknya akan ada 2.000-3.000 bendera merah putih yang dibagikan pada kegiatan itu.

Lalu, ke depan juga akan dibagikan saat HUT Kota Jogja dan berbagai kegiatan lainnya hingga akhir Agustus 2024. "Launching-nya [pembagian bendera] pada 1 Juni sampai 31 Agustus, kami akan melakukan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat untuk menggelorakan merah putih," ujar Widyastuti saat ditemui di Balai Kota Jogja, Kamis (30/5/2024).

BACA JUGA: Peringati HUT RI, Diskominfo DIY Bagikan Bendera Ke Masyarakat

Kesbangpol tak bekerja sendiri. Berbagai stakeholder turut digandeng mulai dari perusahaan hingga kampus swasta. Nantinya, para OPD di lingkungan Pemkot Jogja juga digandeng untuk ikut membagikan bendera merah putih lewat program kegiatan yang mereka laksanakan. Widyastuti menambahkan, ini juga sebagai upaya kejar target. Sebab, tahun lalu pihaknya hanya mampu membagikan kurang dari 5 ribu bendera dari target 10.000 bendera.

"Kemarin hanya ada pembagian di 3 event. Kali ini targetnya di atas 10.000 bendera merah putih. Ini akan dievaluasi secara rutin oleh Kemendagri. Kabupaten dan kota akan berlomba membagikan bendera, pasti akan ada hitungannya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tingkatkan Literasi Kesehatan-Keuangan dan Pelestarian Lingkungan, Ini yang Dilakukan Axa Mandiri di Jogja

News
| Sabtu, 29 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement