Advertisement

Jelang Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Luncurkan Maskot KacerKu

Lajeng Padmaratri
Minggu, 02 Juni 2024 - 14:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Jelang Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Luncurkan Maskot KacerKu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo meluncurkan maskot dan jingle lagu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berupa simbol burung kacer, Sabtu. - Ist/Humas Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo meluncurkan maskot dan jingle lagu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berupa simbol burung kacer, Sabtu (1/6/2024), 

Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana mengatakan bahwa maskot burung kacer dipilih karena merupakan fauna khas Kulonprogo.

Advertisement

"Fauna berciri khas burung warna hitam dan putih itu melambangkan bahwa kita sebagai penyelenggara pemilu mengedepankan ketegasan bahwa yang benar adalah benar, dan yang salah adalah salah," jelasnya dalam acara peluncuran di Alun-alun Wates, Sabtu.

BACA JUGA: Bawaslu Bantul Melantik 75 Pengawas Kalurahan untuk Pilkada, Keterwakilan Perempuan Mencapai 46 Persen

Maskot Pilkada Kulonprogo 2024 diberi nama "KacerKu" yang mengandung maksud dalam bahasa Jawa, yaitu Kanthi Cerdas Kulonprogo Memilih, dan juga Kanggo Moncering Kulonprogo. Artinya adalah Kulonprogo cerdas memilih untuk kecemerlangan masa depan kabupaten.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi dalam sambutannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya peluncuran jingle lagu dan maskot Pilkada Kulonprogo menandakan bahwa penyelenggaraan pilkada akan berlangsung meriah.

"Jadi jingle dan maskot ini menjadi simbol ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kulonprogo," ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi meyakini peluncuran maskot dan jingle lagu dapat meningkatkan semangat para petugas Pilkada. "Maskot dan jingle ini harus menciptakan spirit bagi kita. Selama menjalankan tugas," kata dia.

BACA JUGA: Keluarga Jokowi Maju Pilkada 2024, Bawaslu Klaim Tidak Akan Istimewakan

Siwi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban Pilkada.

"Pilihan boleh berbeda, pendapat boleh tidak sama, akan tetapi yang terpenting adalah menghargai dan menghormati pilihan satu sama lain, agar tercipta keamanan dan ketertiban dalam masyarakat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bazar di Pasar Seni Gabusan Bantul Digelar untuk Pengembangan Usaha Mikro

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement