Advertisement

Promosikan Keindahan dan Nilai-Nilai Sumbu Filosofi Jogja dengan Medium Sketsa

Media Digital
Kamis, 13 Juni 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Promosikan Keindahan dan Nilai-Nilai Sumbu Filosofi Jogja dengan Medium Sketsa Salah satu hasil sketsa dalam 1O1 Travel Sketch. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Sumbu Filosofi bukan hanya kawasan wisata tetapi juga memuat nilai-nilai yang dapat menjadi penuntun dalam menjalani hidup. Sebagai upaya untuk menyosialisasikan nilai-nilai Sumbu Filosofi, ada banyak medium yang dapat dipilih, salah satunya dengan sketsa.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan kawasan Sumbu Filosofi Jogja sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia pada Sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committe (WHC) di Riyadh Arab Saudi. Sumbu Filosofi Yogyakarta sah diterima sepenuhnya tanpa sanggahan menjadi Warisan Budaya Dunia sesuai dokumen penetapan WHC 2345.COM 8B. 39 tanggal 18 September 2023.

Advertisement

Sebagai upaya menyosialisasikan nilai-nilai luhur yang ada di Kawasan Sumbu Filosofi Jogja, The 101 Yogyakarta Tugu menghadirkan 1O1 Travel Sketch. Program ini selain digelar sebagai angkaian acara yang dikemas dalam 1O1 Dasawarsa juga untuk mempromosikan keindahan Sumbu Filosofi.

1O1 Travel Sketch menjadi ajang reuni bagi para sketchers Indonesia yang rindu untuk melukiskan keindahan kota Jogja. Terakhir, kegiatan serupa digelar pada 2018. Kali ini, acara ini diadakan pada tanggal 8 – 9 Juni 2024. Berkolaborasi dengan Cyndo Lumempo dan didukung oleh Leeven.co dari Surabaya, 1O1 Travel Sketch melibatkan lebih dari 50 peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Bali. Kegiatan ini diawali dengan kelas workshop yang diisi oleh Seto Parama Artho dalam kelas Human Interest dan Augustinus Madyana Putra dalam kelas Arsitektur.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed mengatakan program ini istimewa karena memilih rute sketsa khusus sebagai wujud peduli The 1O1 Yogyakarta Tugu terhadap pariwisata dan budaya kota Jogja.

“1O1 Travel Sketch kali ini memilih jalur Sumbu Filosofi yang merupakan Warisan Budaya Dunia Unesco sebagai rute untuk menggambar mulai dari area Tugu Pal Putih hingga berakhir di Panggung Krapyak. Ini merupakan bentuk keseriusan THE 1O1 Yogyakarta Tugu yang juga terletak di kawasan Sumbu Filosofi terhadap potensi pariwisata kota Yogyakarta agar bisa mendunia melalui goresan sketsa indah dari tangan para seniman,” tutur Wahyu Wikan Trispratiwi, General Manager THE 1O1 Yogyakarta Tugu dalam rilis, Kamis (13/6/2024).

The 1O1 Yogyakarta Tugu juga telah mempersembahkan beragam acara yang sebelumnya sudah lebih dulu dihelat. Memulai rangkaian dengan acara Workshop Srawung Humas yang berkolaborasi bersama dengan Perhumas Yogyakarta serta Himpunan Humas Hotel Yogyakarta pada 22 Mei 2024 lalu, serta Workshop Coffee Mixology yang berkolaborasi dengan Kota Kopi pada 25 Mei 2024. Tidak terlewat, acara syukuran juga diadakan tepat pada hari ulang tahun THE 1O1 Yogyakarta Tugu, yaitu 5 Juni 2024 bersama dengan seluruh staf dengan doa bersama dan potong tumpeng. Tidak berhenti sampai disitu The 1O1 Yogyakarta Tugu juga mengadakan corporate social responsibility (CSR) Truly Care pada 7 Juni 2024 berupa Bazar Murah dan Posyandu di Balai RW Penumping yang juga melibatkan warga sekitar.

“Perayaan ke-10 tahun ini tentunya menjadi momen spesial bagi THE 1O1 Yogyakarta Tugu. Beragam acara yang telah dipersembahkan kami terus melibatkan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Mulai dari warga sekitar terdekat hingga teman teman seniman yang menggoreskan keindahan kota Yogyakarta dengan sketsa khususnya di kawasan Sumbu Filosofi yang merupakan daya tarik wisata sejarah dan budaya yang patut kita banggakan,” kata Greta Indri, Marketing Communications Manager THE 1O1 Yogyakarta Tugu. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement