Advertisement

Menjelang Iduladha, Harga Bahan Pangan di Bantul Relatif Stabil

Newswire
Kamis, 13 Juni 2024 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Menjelang Iduladha, Harga Bahan Pangan di Bantul Relatif Stabil Pedagang bahan pangan di Pasar Bantul - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Harga kebutuhan bahan pokok pangan di tingkat pedagang pasar di Bantul menjelang perayaan Iduladha 1445 Hijriah relatif stabil.

"Terkait dengan aspek bahan pokok, menjelang Iduladha ini secara umum harga harga bahan pokok cenderung stabil, tidak mengalami kenaikan, kalau ada kenaikan harga hanya relatif kecil," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Husin Bahri di Bantul, Kamis (13/6/2024). Harga kebutuhan pokok pangan di pasaran yang cenderung stabil saat ini dipengaruhi beberapa faktor, utamanya ketersediaan yang cukup dan pasokan dari distributor bahan pokok yang lancar.

Advertisement

"Kecenderungan harga stabil ini dipengaruhi pertama dari aspek ketersediaan bahan pokok juga cukup baik, mencukupi. Kemudian aspek distribusi juga baik, sehingga dengan ketersediaan yang cukup itu tidak terlalu mempengaruhi harga harga," katanya.

Meski demikian, kata dia, terkait dengan komoditas beras, beberapa waktu lalu ada kebijakan pusat yang terkait menaikkan harga eceran tertinggi (HET), atau relaksasi HET yang diarahkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani.

BACA JUGA: Harga Gas Melon di Tingkat Konsumen di Bantul Capai Rp25.000

"Ada kebijakan HET beras dinaikkan, tetapi nanti apakah memberi dampak terhadap daya beli masyarakat, ini masih dalam tahapan kajian, karena ini kebijakan dua sisi, yang satu sisi paling tidak meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Ia mengatakan, HET komoditas beras saat ini sekitar Rp12 ribu per kilogram dan akan menjadi sekitar Rp13 ribu per kilogram, namun demikian penerapan dan implementasi masih dilakukan pengkajian dan sebagainya.

“Implementasi masih menunggu kebijakan pusat, karena dampaknya dua, petani dan masyarakat atau konsumen. Tapi secara umum kondisi pasokan, dan distribusi ketersediaan barang pokok di Bantul hadapi Iduladha aman dan baik," katanya.

Berdasarkan data dinas, untuk harga beras premium di pasar rata-rata Rp12.700 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp18.000 per kilogram, harga daging ayam rata rata sebesar Rp35 ribu per kilogram, dan harga telur sebesar Rp26.500 per kilogram.

Kemudian harga cabai rawit merah rata rata Rp29.000 per kilogram, cabai rawit hijau sebesar Rp35.600 per kilogram, kemudian harga bawang merah Rp40.500 per kilogram, dan bawang putih sebesar Rp43.600 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertembak Saat Kampanye, Begini Kondisi Donald Trump usai Insiden

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement