Advertisement

Berontak Saat Hendak Disembelih, Sapi di Prambanan Loncat ke Jurang

Catur Dwi Janati
Senin, 17 Juni 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Berontak Saat Hendak Disembelih, Sapi di Prambanan Loncat ke Jurang Suasana evakuasi sapi terperosok ke dalam jurang di Padukuhan Nglengkong, Sambirejo, Prambanan pada Senin (17/6/2024). - Istimewa // Damkar Sleman 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seekor sapi terperosok ke dalam jurang di Padukuhan Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Sapi yang hendak dikurbankan justru berontak dan loncat ke area jurang. Beruntung sapi berhasil dievakuasi dan lanjut disembelih.

Kapolsek Prambanan, Kompol Suranto mengungkapkan kejadian sapi terperosok ke dalam jurang ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di Musala Al-Mubarok Nglengkong. Kala itu sapi yang hendak dirobohkan untuk disembelih justru memberontak.

Advertisement

"Jadi sapi akan dilakukan pemotongan, sudah proses penjatuhan. Sudah dijatuhkan kan kalau mau dipotong dijatuhkan. Namun demikian saat dijatuhkan sapinya berontak kemudian ditariklah talinya sama warga," terang Suranto , Senin (17/6/2024).

Nahas upaya untuk menahan amukan sapi dengan cara menarik tali kekang sapi gagal lantaran tali terputus. Sejurus kemudian sapi yang lepas kendali justru loncat ke arah jurang.

BACA JUGA: Viral, DPUPESDM DIY Minta Aktivitas Tambang di Gedangsari Gunungkidul Disetop

"Talinya putus kemudian sapinya loncat ke depan, tempat pemotongan itu tebing depannya. Loncat ke tebing jatuh sekitar lima meter," ujarnya.

Dugaannya, tali yang tidak kuat membuat tali kekang yang dikaitkan terputus. Lantaran tepat di depan musala merupakan jurang, sapi justru lari dan terperosok ke jurang tersebut.

Warga lantas menghubungi kepolisian dan damkar untuk mengevakuasi sapi. Warga dan damkar selanjutnya berhasil mengangkat sapi kembali atas dengan bantuan tali. Proses evakuasi diungkapkan Suranto memakan waktu sekitar 15 menit.

Kondisi sapi saat dinaikkan masih hidup. Sapi yang selamat usai jatuh dari jurang kemudian melanjutkan proses penyembelihan untuk kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement