Advertisement

2 Jemaah Haji asal Bantul Meninggal Dunia di Makkah

Jumali
Selasa, 18 Juni 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
2 Jemaah Haji asal Bantul Meninggal Dunia di Makkah Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Kemenag Kabupaten Bantul memastikan ada dua jemaah haji dari Bumi Projotamansari yang meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Keduanya, tidak akan dipulangkan ke Tanah Air, melainkan di makamkan di Tanah Suci.

Plh Kepala Kantor Kemenag Bantul, Aminuddin mengungkapkan kedua jemaah haji yang meninggal dunia tersebut adalah Sumartilah Purwo Pardjono, 75, warga Kapanewon Pundong dan Ngatijo Wongso Sentono, 86, warga Kapanewon Kretek, Bantul. Keduanya sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Makkah, namun dalam perkembanganya, keduanya tidak tertolong.

Advertisement

BACA JUGA : Sakit, Jemaah Haji Asal Kulonprogo Meninggal di Arab Saudi

Ia menyebut, keduanya meninggal dunia dalam waktu yang berbeda, Sumartilah meninggal pada Jumat (14/6/2024) dan Ngatijo pada Minggu (16/6/2024). "Untuk penyebabnya saya belum bisa mengungkapkan. Tapi kemungkinan karena faktor usia," katanya, Selasa (18/6/2024).

Jenazah kedua jemaah tersebut tidak akan dipulangkan ke Bantul. Melainkan, akan dimakamkan di Makkah. Alasan memakamkan di Makkah karena prosedur dan pembiayaan yang tidak murah.

"Untuk itu akan dimakamkan di Makkah. Tapi, pemakamannya kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Kami sendiri berencana besok akan ke rumah duka," katanya.

Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bantul Maskur Ashari mengungkapkan, dari 1.044 orang jemaah haji asal Bantul yang ada di Tanah Suci, 35% merupakan jemaah lansia.

BACA JUGA : 18 Jemaah Haji Asal Jawa Tengah Meninggal Dunia di Tanah Suci

Pihak Kemenag telah menyiagakan petugas haji khusus untuk melayani jemaah yang berusia lansia. Selain itu, berangkat ke Tanah Suci, para jemaah kata Maskur, juga telah dilakukan pengecekan kesehatan dan diberikan vaksin meningitis. "Jadi sejak awal memang sudah dilakukan antisipasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN Baru Mencapai 15 Persen Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement