Advertisement

Ratusan Orang Ikuti Pre-Event One Earth Yoga and Meditation Festival

Media Digital
Kamis, 20 Juni 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Ratusan Orang Ikuti Pre-Event One Earth Yoga and Meditation Festival Kegiatan Yoga Nusantara di Gedung Serbaguna Eagle Glove, Cangkringan, Sleman, Kamis (20/6/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

SLEMAN—Yayasan Anand Ashram menggelar Pre-Event One Earth Yoga and Meditation Festival (OEYMF) XVI sekaligus menyambut Hari Yoga Sedunia ke-10 di Gedung Serbaguna Eagle Glove, Cangkringan, Sleman, Kamis (20/6/2024). Acara bertajuk Yoga Nusantara Solusi Kesehatan Fisik dan Mental untuk Produktivitas itu diikuti sekitar 200 peserta.

Ketua Penyelenggara, Iwan Susanto mengatakan beberapa tamu undangan yang hadir berasal dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DIY, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), dan  Asosiasi Sarung Tangan Kulit (Astaku).

Advertisement

Dia menjelaskan yoga merupakan pendekatan yang holistik bagi kesehatan dan kesejahteraan, bukan sekadar olah fisik. Menurutnya, Yayasan Anand Ashram yang berafiliasi dengan PBB telah menggelar OEYMF sejak 15 tahun terakhir.

Selain di Jogja, rangkaian acara OEYMF telah diadakan di Kuta dan Ubud, Bali. Adapun, puncak acara akan digelar di Ciawi, Bogor, 21 Juni 2024.

Iwan mengatakan kegiatan ini bertujuan menyebarkan gaya hidup sehat holistik. “Yoga sebagai gaya hidup, sekaligus mengingatkan kembali Yoga Dwipantara sebagai warisan peradaban Nusantara,” ucap dia.

Dengan yoga, kata dia, diharapkan peserta bisa lebih merasakan damai, ketenangan, dan dampaknya pada kesehatan mental dan fisik. Lebih jauh lagi bisa berdampak pada peningkatan produktivitas.

Lebih lanjut dia mengatakan dunia usaha dewasa ini menghadapi banyak tantangan. Selepas pandemi covid-19, kondisi geopolitik global belum baik-baik saja dampak konflik bersenjata di beberapa negara. Selain itu, PHK juga terjadi di banyak tempat. Kondisi ini dia pandang bisa berdampak pada kesehatan mental. "Melalui kegiatan ini diharapkan kami bisa berbagai cara untuk mengelola stres," ujar Iwan. 

Dedikasi Anand Krishna

Iwan menjelaskan Yoga Ananda atau Ananda’s Integral Meditative (AIM) Yoga yang diracik oleh Bapak Anand Krishna adalah yoga dengan afirmasi yang mampu mentransformasikan fisik, perasaan, pikiran dan membangunkan semangat. “Ini menjadikan prinsip yoga sebagai jalan hidup,” kata dia.

Anand Krishna selaku pendiri telah menulis lebih dari 200 buku sebagai bentuk dedikasi untuk berbagi kebahagiaan, kedamaian dan penyembuhan, setelah secara misterius sembuh dari penyakit leukemia 34 tahun lalu. Dedikasi ini ia wujudkan pula melalui Yayasan Anand Ashram dan sayap-sayap organisasi lainnya, dengan visi One Earth, One Sky, One Humankind.

Anand Krishna, kata Iwan, menekankan Global Harmony hanya bisa dicapai apabila setiap orang dapat menemukan kedamaian dalam dirinya terlebih dahulu. “Yoga sebagai Way of Life, tidak hanya sekadar Asana (olah fisik), melainkan secara holistik mencakup kesadaran dalam lapisan energi, mental dan emosional, intelegensia serta spiritual,” kata Iwan.

General Manager Eagle Glove Indonesia, Francisca Tri Windrati mengucapkan terima kasih kepada Anand Krishna Centre yang sudah berkenan menggandeng Eagle dalam kegiatan Yoga Nusantara.

Dia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kesehatan mental dan bisa menunjang aktivitas sehari-hari.  "Teman-teman yang ingin mendalami bisa membaca buku-buku karangan dari Bapak Anand Krishna," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement