Advertisement

Polres Kulonprogo Gelar Layanan Kesehatan ke Kelompok Difabel

Triyo Handoko
Kamis, 20 Juni 2024 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Polres Kulonprogo Gelar Layanan Kesehatan ke Kelompok Difabel Pemberian multivitamin dan sembako kepada keluarga penyandang difabel yang dilakukan Polres Kulonprogo. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo menggelar bakti sosial dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara dengan pemberian layanan kesehatan ke kelompok difabel di wilayahnya.

Kepala Dokkes Polres Kulonprogo, Chindy Kristiawati menerangkan bakti sosial ini dilakukan Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Dokdes) Polres Kulonprogo dengan mengunjungi langsung rumah-rumah warga dengan disabilitas di Kapanewon Nanggulan.

Advertisement

"Layanan kesehatan yang dilakukannya menyasar pengecekan fisik luar, pemeriksaan gigi dan pemeriksaan kesehatan secara umum bagi penyandang difabel," katanya di sela kegiatan, Kamis (19/6/2024).

BACA JUGA: Korupsi di Indonesia Dinilai Semakin Menggila, Pengamat: Perlu Langkah Konkret

Chindy yang merupakan dokter ini menjelaskan dalam gelaran tersebut pihaknya banyak menjumpai jenis disabilitas Cerebral Palsy atau masyarakat awam seringkali menyebutnya kelumpuhan otak.

"Kondisi Cerebral Palsy ini bisa disebabkan karena adanya kelainan bawaan atau disebabkan oleh adanya trauma, yang dapat mengakibat gangguan pertumbuhan dan gerak," terangnya.

Bakti sosial itu bertujuan, jelas Chindy, untuk meningkatkan pelayanan kedokteran kepolisian yang profesional dan modern terutama kepada penyandang disabilitas.

"Kami mendatangi dari rumah ke rumah atau door to door dan memeriksa satu persatu kondisi kesehatannya, lalu diakhir  memberikan multivitamin dan bingkisan sembako bagi para disabilitas yg sudah diperiksa," ungkapnya.

Kunjungan dari rumah ke rumah itu dilakukan, lanjut Chindy, untuk memudahkan penyandang difabel.  "Penyandang difabel ini memiliki keterbatasan dalam bermobilisasi, jadi kami yang datang memeriksa kondisi mereka," tuturnya.

Gelaran bakti sosial itu juga diharapkan diharapkan dapat mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita.

"Polres Kulonprogo berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai bagian peduli Kemanusiaan,” pungkas dokter Chindy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KAI Lakukan Perubahan Jam Keberangkatan 17 KA Jarak Jauh per 1 Juli 2024 di Stasiun Pasar Senen dan Jatinegara

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement