Advertisement

Diresmikan Mendes PDTT, Wisata Aglaonema Terbesar di Indonesia Ada di Sleman

Sunartono
Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Diresmikan Mendes PDTT, Wisata Aglaonema Terbesar di Indonesia Ada di Sleman Pengunjung menyaksikan koleksi tanaman hias di Aglaonema Park, Tridadi, Sleman, Sabtu (22/6/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan Aglaonema Park yang digagas oleh BUMDes Desa Tridadi, Sleman, Sabtu (22/6/2024). Wisata yang secara khusus menyuguhkan tanaman aglaonema ratusan jenis ini diklaim terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Kawasan wisata ini berada satu kompleks dengan Puri Mataram yang juga dikelola BUMDesa setempat. Destinasi Aglaonema Park ini selain menjadi wisata edukasi juga menyuguhkan spot Instagramable hasil inovasi berbasis masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Diikuti Ratusan Peserta, Javaglonema Aglocontest 2023 Digelar di Tridadi Sleman

"Karena itulah saya hadir di Desa Tridadi ini mengajak pecinta tanaman, pecinta lingkungan, pegiat wisata untuk mendukung Aglaonema Park ini agar terus berkembang, tidak hanya menjadi ikon Sleman tetapi Indonesia," kata politikus PKB ini.

Halim menilai BUMDes yang memiliki inovasi seperti Desa Tridadi menurutnya layak didukung. Apalagi keberadaan Aglaonema Park mnghadirkan suasana baru dengan menyajikan 209 spesimen yang menurutnya terbesar dan terlengkap tidak hanya di Indonesia tetapi dunia.

"Aglaonema Park ini satu-satunya, saya lihat di sini saja sudah ada 209 spesimen ini mungkin terbesar terbanyak, tidak hanya di Indonesia mungkin dunia," ujarnya.

Direkur BUMDes Tridadi Makmur R. Agus Choliq menambahkan dengan adanya 209 spesimen, wisatawan dapat menemukan berbagai varian Aglaonema yang indah, langka dan unik. Dengan luas lahan lebih dari satu hektare, destinasi tersebut memang disebut-sebut terbesar dan menyajikan tanaman Aglaonema terlengkap di Indonesia.

"Bunga Aglaonema ini dibudidayaan sendiri. Tentu menjadi destinasi wisata yang menarik, selain bisa berbelanja tanaman, pengunjung bisa menikmati suasana di tengah tanaman Aglaonema yang tidak panas dan banyak spot foto menarik," ujarnya.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah berdirinya sebuah patung di tengah taman. Patung tersebut adalah sosok Greg Hambali yang dikenal sebagai Bapak Aglonema Indonesia yang menghasilkan ratusan varietas Aglonema melalui penelitiannya.

"Keberadaan patung ini juga bisa menjadi edukasi bagi pengunjung, mendapatkan informasi. Kami ingin memberikan suasana berbeda di destinasi ini," katanya.

BACA JUGA : Dinas Pertanian dan Pangan Jogja Gelar Kontes Tanaman Hias

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi inovasli BUMDes Tridadi Makmur yang membangun destinasi Aglaonema Park melalui potensi lokal. Ia berharap inovasi tersebut bisa diikuti oleh kalurahan lain di Sleman dalam upaya menghadirkan produk dan layanan menarik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Sleman, lanjutnya siap berkolaborasi dengan kalurahan dan berbagai pihak untuk meningkatkan pariwisata.

"Inovasi ini sangat menarik karena menghadirkan potensi lokal menjadi destinasi yang indah, menarik dan menjadi tujuan wisata baru bagi wisatawan di Sleman, khususnya pecinta tanaman hias," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penarikan Paspor Firli Bahuri, Ditjen Imigrasi Bakal Cek Ulang

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement