Advertisement

Hasil Survei Internal Golkar untuk Pilkada Kulonprogo, Elektabilitas 4 Kandidat Masih di Bawah 10 Persen

Triyo Handoko
Sabtu, 22 Juni 2024 - 10:37 WIB
Ujang Hasanudin
Hasil Survei Internal Golkar untuk Pilkada Kulonprogo, Elektabilitas 4 Kandidat Masih di Bawah 10 Persen Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Survei untuk mengetahui persepsi masyarakat Bumi Binangun terkait Pilkada 2024 diadakan DPD Golkar Kulonprogo. Hasilnya 88% pemilih di Bumi Binangun berniat mencoblos saat Pilkada nanti, tapi sebanyak 79% dari pemilih yang ada tersebut belum menentukan pilihan.

Data survei tersebut menarik lantaran bakal calon Pilkada yang ada dapat lebih bersaing dan menggaet warga untuk memilihnya. Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo, Djuwardi menjelaskan pilihan warga terhadap kandidat Pilkada yang diusung partainya juga masih potensial untuk ditingkatkan lagi.

Advertisement

Hasil survei yang dilakukan terhadap empat kandidat Pilkada yang diusung Golkar Kulonprogo itu, jelas Djuwardi, masih dibawah 10% semua. Empat kandidat itu antara lain Sapardiyono, Marija, Novida Kartika Hadhi, dan Akhmad Basuki.

Konsolidasi menguatkan elektabilitas empat kandidat yang potensial diusung Golkar Kulonprogo itu juga sudah dilakukan. "Kami minggu lalu sudah mensosialisasikannya ke kader kami, sosialisasi ini jadi momen konsolidasi untuk menguatkan seluruh kandidat yang ada," papar Djuwardi, Jumat (21/6/2024).

Djuwardi menerangkan partainya juga telah melakukan penjajakan ke DPC PDIP Kulonprogo juga. "Setelah konsolidasi internal, kami melakukan penjajakan juga ke PDIP beberapa waktu lalu," jelasnya.

Penjajakan yang dilakukan Golkar ke PDIP adalah ajakan koalisi. "Komunikasi penjajakan untuk koalisi ini dilakukan di kantor kami, sambutan PDIP juga baik, seluruh jajaran utama PDIP turut hadir," ungkapnya.

BACA JUGA: Empat Bakal Calon Bupati Kulonprogo dari Golkar Diperkenalkan, Ini Latar Belakangnya!

Belum ada keputusan dari hasil penjajakan antara PDIP dan Golkar itu, lanjut Djuwardi, tapi akan ada pertemuan lanjutan nantinya. "Karena masih awal jug jadi belum ada keputusan apakah koalisi atau seperti apa nanti, wajar saja. Kami akan mengadakan pertemuan lanjutan lagi dengan PDIP," terangnya.

Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo ini menerangkan partainya juga akan mengadakan survei lagi dimana bentuknya pasangan calon kandidat Pilkada. "Kalau kemarin surveinya dalam bentuk perorangan, nanti kami bikin surveinya dalam bentuk pasangan calon," tuturnya.

Survei dengan bentuk pasangan kandidat ini, menurut Djuwardi, juga jadi bahan DPD Golkar Kulonprogo untuk menentukan koalisi. "Kalau pasangan calon  nanti lebih mudah menilai dan membuat keputusannya, terutama keputusan yang terbaik dalam membentuk koalisi untuk mengusung kandidat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes Turki untuk PBB Prihatin Atas Anak Jadi Korban Konflik Bersenjata

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement