Advertisement

Tokoh Agama Kulonprogo Komitmen Jaga Kerukunan untuk Kesuksesan Pilkada 2024

Newswire
Minggu, 23 Juni 2024 - 00:47 WIB
Ujang Hasanudin
Tokoh Agama Kulonprogo Komitmen Jaga Kerukunan untuk Kesuksesan Pilkada 2024 Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo mendorong partisipasi aktif tokoh agama setempat untuk bisa menjadi pionir dalam menciptakan kerukunan umat beragama guna menyukseskan kompetisi Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto di Kulonprogo, Sabtu (22/6/2024), mengatakan jajarannya telah audiensi dengan jajaran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo.

Advertisement

"Kerukunan diantara pemeluk agama di tengah masyarakat Kulonprogo akan menciptakan kondisi yang harmonis," kata Marwanto.

Menurut dia, jika suasana harmonis terpelihara, kerawanan dapat ditekan seminimal mungkin. Artinya, meski dalam suasana kompetisi memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati di Kulonprogo, maka potensi konflik akan rendah.

Ia mengatakan suasana harmonis dalam masyarakat sangat membantu tugas-tugas pengawasan. Peran FKUB sangat strategis untuk menciptakan pilkada yang sejuk dan damai, sehingga berjalan lancar.

"Suasana harmonis akan menjadikan kontestasi yang terjadi tidak terlalu keras, sehingga potensi pelanggaran kami yakini akan rendah," kata Marwanto.

BACA JUGA: Hasil Survei Internal Golkar untuk Pilkada Kulonprogo, Elektabilitas 4 Kandidat Masih di Bawah 10 Persen

Sementara itu, Ketua FKUB Kulonprogo Surahmanto mengatakan pihaknya mendukung Bawaslu Kulonprogo untuk menciptakan Pilkada yang berintegritas, tidak banyak pelanggaran dan minim politik uang.

FKUB Kulonprogo juga berkomitmen selain menciptakan kerukunan antar pemeluk agama di Kulonprogo menjelang pelaksanaan pilkada, juga menekan serendah mungkin praktik politik uang.

"Semua agama punya pandangan yang sama, amanah itu tidak untuk dijualbelikan. Ia datang dari lubuk hati para pemilih yang akan menjatuhkan mandatnya pada pemimpin yang diyakini punya kualitas dan integritas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nama Soeharto Resmi Dihapus dari Tap MPR 11/1998 Terkait KKN

News
| Sabtu, 28 September 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement