Advertisement

Disbud Bantul Targetkan 5.000 Orang Kunjungi Mataram Culture Fest 2024

Jumali
Selasa, 25 Juni 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
Disbud Bantul Targetkan 5.000 Orang Kunjungi Mataram Culture Fest 2024 Penampilan kesenian dalam pembukaan Mataram Culture Fest 2024 s di Pasar Seni Gabusan, Senin (24/6/2024). - ist/dok. Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Bantul menargetkan sedikitnya 5.000 orang mengunjungi Mataram Culture Fest 2024.

Gelaran dengan tema Bantul Duwe Gawe yang digelar mulai 24-29 Juni 2024 tersebut tidak hanya menghadirkan berbagai atraksi budaya, tapi juga stand kuliner mataraman.

Advertisement

Kepala Disbud Kabupaten Bantul Yanatun Yunadiana mengatakan, gelaran Mataram Culture Fest 2024 sengaja digelar di Pasar Seni Gabusan, Sewon, Bantul. Alasannya, pihaknya ingin agar atraksi budaya bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat, mengingat lokasinya terpusat.

"Dan, jika melihat animonya, sejauh ini luar biasa. Ada ribuan yang datang semalam. Jika ditotal, kami perkirakan sampai penutupan minimal 5.000 pengunjung akan mendatangi gelaran ini," kata Yanatun, Selasa (25/6/2024).

Menurut Yanatun, untuk memeriahkan gelaran tersebut, pihaknya telah menggandeng 10 desa rintisan budaya. Selain itu, untuk kuliner mataraman juga diisi oleh kuliner bantul yang telah masuk dalam daftar warisan budaya tak benda.

"Nanti dua hari terakhir, jelang penutupan, akan ada stand UMKM dari masyarakat dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul. Karena kami memang berkolaborasi dengan dinas tersebut," imbuh Yanatun.

BACA JUGA: Kenalkan Aktivitas Budaya, Disbud Bantul Gelar Mataram Culture Fest 2024 di Pasar Gabusan

Mantan kepala bagian pengadan barang dan jasa Pemkab Bantul ini menambahkan, tahun depan, gelaran yang sama dipastikan akan kembali digelar di tempat yang sama. Hanya saja, waktunya akan dijadwalkan pada awal Juli atau mendekati Hari Jadi Kabupaten Bantul.

"Kami melihat animo Mataram Culture Fest 2024 yang sangat besar, sehingga tahun depan kami gelar di sini lagi dan akan dibikin lebih besar," ucapnya.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo berharap agar gelaran Mataram Culture Fest 2024 mampu memberikan dampak yang luas, utamanya dalam penggerakan ekonomi masyarakat dengan melibatkan seniman dan UMKM lokal.

“Kami berharap gelaran Bantul Duwe Gawe ini nguwongke seniman, nguwongke UMKM. Dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat," harap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement