Advertisement

Malam 1 Muharam: Ribuan Pengunjung Diprediksi Serbu Pantai Selatan Bantul

Jumali
Jum'at, 05 Juli 2024 - 11:47 WIB
Sunartono
Malam 1 Muharam: Ribuan Pengunjung Diprediksi Serbu Pantai Selatan Bantul Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memprediksi akan ada peningkatan jumlah pengunjung ke Pantai Selatan Bantul pada malam 1 Muharam atau malam 1 Sura pada Sabtu (6/7/2024) malam. Guna mengatasi adanya penumpukan dan kemacetan di jalur menuju Pantai Selatan Bantul, Polres Bantul telah menyiapkan personel yang diterjunkan pada malam 1 Muharram.

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengungkapkan, meski malam 1 Suro jatuh pada Minggu (7/7/2024) malam, namun banyak masyarakat yang memaknai jika malam 1 Muharam yang jatuh pada Sabtu (6/7/2024) sebagai malam 1 Suro.

Advertisement

BACA JUGA : Berikut Jadwal Event di Bantul Selama Juli 2024, dari Labuhan Hondodento Parangkusumo hingga Bantul Expo

Alhasil, menurut Ipung-panggilan akrab Markus Purnomo Adi dipastikan akan ada pergerakan masyarakat ke sejumlah tempat di Pantai Selatan Bantul, utamanya Pantai Parangkusumo dan Pantai Samas pada Sabtu (6/7/2024) malam.

"Sehingga jumlah pengunjung yang datang ke kawasan Pantai Selatan kemungkinan besar akan mengalami kenaikan pada Sabtu (6/7/2024) malam," kata Ipung, Jumat (5/7/2024).

Terkait angka kenaikan pengunjung pada Sabtu (6/7/2024) malam, Ipung memperkirakan meningkat sekitar 6.000an pengunjung dibandingkan Sabtu (29/6/2024) yang mencapai 11.000 pengunjung. Selain, mengunjungi Pantai Parangkusumo, para pengunjung pada Sabtu (6/7/2024) malam juga ada yang mengunjungi Pantai Samas.

"Meski pun di Pantai Parangkusumo dan Pantai Samas tidak ada even yang kami gelar. Sejauh ini yang sudah pasti ada kegiatan adalah di tradisi Jenang Suran yang dilakukan oleh para abdi dalem juru kunci baik dari Kasultanan Ngayogyakarta maupun Kasunanan Surakarta di Makam Raja-raja Mataram Kotagede yang digelar Sabtu (6/7/2024) malam," imbuh Ipung.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung, Ipung mengaku Dispar akan menambahkan personel baik di pintu masuk pantai selatan sisi timur ataupun sisi barat. Selain itu, Dispar berharap penambahan jumlah pengunjung pada malam 1 Muharram juga mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Terjunkan 395 personel

Adapun dalam mengamankan malam 1 Muharram pada Sabtu (6/7/2024) malam, Polres Bantul menerjunkan ratusan personel. Kasi Humas AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, Polres Bantul mengerahkan 395 personel untuk mengamankan malam 1 Muharram.

Dijelaskannya, Polres Bantul akan melakukan pengamanan di beberapa lokasi, seperti wilayah pantai selatan serta penggal-penggal jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan. Kepada masyarakat, Jeffry berharap agar memaksimalkan sejumlah jalur alternatif untuk mencegah kemacetan, utamanya untuk jalur menuju Pantai Selatan. “Pengamanan akan dilakukan baik terbuka maupun tertutup dan patroli," kata Jeffry.

BACA JUGA : PWNU DIY Beri Bantuan Pendidikan untuk 500 Anak Yatim

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Polres Bantul juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Kodim 0729/Bantul dan stakeholder lainnya.

"Kami juga mengimbau ke masyarakat untuk tidak melakukan konvoi atau arak-arakan. Kalau ada yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan,” ucap Jeffry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bersaing dengan Finalis dari 71 Negara, Puteri Indonesia Sukses Raih Miss Supranational 2024

News
| Minggu, 07 Juli 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement