Advertisement

MPLS SD di Bantul Digelar Selama 10 Hari

Jumali
Senin, 08 Juli 2024 - 12:07 WIB
Sunartono
MPLS SD di Bantul Digelar Selama 10 Hari Ilustrasi Sekolah - Ist/Riauonline

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul memastikan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tingkat SD pada tahun ajaran 2024 digelar selama 10 hari, yakni 15 - 26 Juli 2024.

Lamanya pelaksanaan MPLS tingkat SD ini sama dengan tahun 2023, di mana materi dari pelaksanaan MPLS terdiri dari wajib dan pilihan.

Advertisement

Kasi Kurikulum, Penilaian dan Pendidikan Karakter SD Disdikpora Bantul, Wahyoto mengatakan, sebelum dilaksanakannya MPLS untuk tingkat SD, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke beberapa Sekolah Dasar (SD) di wilayahnya. Dalam sosialisasi tersebut, Disdikpora menyampaikan pelaksanaan MPLS selama 10 hari, yang terdiri dari materi wajib dan pilihan.

BACA JUGA : Siswa SD Negeri Pingit Tampilkan Seni Budaya di Penutupan MPLS

"Untuk kegiatan pilihan sendiri dilakukan sesuai dengan silabus yang telah tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru dan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP)," katanya, Senin (8/7/2024).

Mengenai jumlah siswa yang akan mengikuti MPLS, Wahyoto mengungkapkan, saat ini jumlahnya masih dihitung. Sebab, sejauh ini Disdikpora Bantul belum mendapatkan data jumlah siswa baru yang diterima pada PPBD SD 2024.

"Jadi masih terus berproses. Tapi, intinya pelaksanaan MPLS selama10 hari, peserta didik diberikan bekal mengenai pengenalan lingkungan, personil sekolah, kepramukaan sekolah dan pendidikan karakter," katanya.

Menurut Wahyoto, pihaknya berharap pada masa MPLS, dimanfaatkan oleh sekolah untuk melakukan jumpa tokoh. Tujuannya agar peserta didik tahu mengenai profesi tokoh tersebut. Selain itu, Disdikpora juga berharap agar pihak sekolah menyusun rundown acara. Agar para peserta MPLS lebih betah mengikuti rangkaian acara yang digelar. "Tujuannya kan biar anak-anak betah mengikutinya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecaman Dunia terhadap Israel Terus Menggema di Forum PBB

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement