Advertisement

Bayi Warga Wonosari Lumpuh Diduga Malapratik, Begini Reaksi Ketua IDI Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Senin, 08 Juli 2024 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Bayi Warga Wonosari Lumpuh Diduga Malapratik, Begini Reaksi Ketua IDI Gunungkidul Direktur RSUD Wonosari, Diah Prasetyorini. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gunungkidul, Diah Prasetyorini mengaku menyerahkan proses penanganan dugaan malpraktik oleh dokter spesialis obgyn Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Allaudya, dr. Anita Rohmah, ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI).

“Dokter Anita kan anggota IDI Gunungkidul. Saya tentu sudah ada komunikasi dengan beliau juga,” kata Diah ditemui di RSUD Wonosari, Senin (8/7/2024).

Advertisement

Penanganan juga dilakukan oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) yang menaungi dr. Anita Rohmah. Meski begitu, keputusan akhir ada pada MKDKI termasuk apakah akan menutup izin praktik dr. Anita atau tidak.

Dengan begitu dr. Anita masih aktif sebagai dokter spesialis obgyn di RSIA Allaudya dan RSUD Wonosari.

Adapun perihal permintaan caesar oleh Nurul Hidayah Isnaiyah, kata Diah ada dua versi. Versi Nurul, ada permintaan agar persalinan dilakukan secara caesar. Namun, pihak dr. Anita mengaku tidak ada permintaan caesar.

“Satu pihak mengaku ada komunikasi dan satu pihak lain mengaku tidak ada komunikasi. Posisi kami di tengah-tengah. Ikuti saja prosesnya,” katanya.

Dia menerangkan keputusan pilihan proses persalinan apakah normal atau caesar berbeda-beda masing-masing dokter mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) dan kondisi pasien.

Sementara untuk keputusan menggunakan vakum dalam persalinan juga memang diperlukan adanya persetujuan tindakan baik lisan maupun tertulis. “Informed concent kemarin itu ada untuk persalinannya. Kalau untuk vakum, saya kurang tahu,” ucapnya.

Informed concent merupakan persetujuan seseorang untuk dilakukan penindakan/penanganan. Dalam informed concent ini, dokter akan menyampaikan kondisi pasien, wujud tindakan yang akan dilakukan, dan ada risiko yang kemungkinan muncul akibat tindakan ini.

BACA JUGA: Lengan Kiri Bayinya Lumpuh, Warga Gunungkidul Laporkan Dokter RSIA Allaudya ke MKDKI

Sebelumnya, Warga Kalurahan Siraman, Kapanewon Wonosari bernama Nurul Hidayah Isnaiyah melaporkan dokter spesialis obgyn RSIA Allaudya, dr. Anita Rohmah ke MKDKI lantaran lengan kiri bayinya mengalami kelumpuhan setelah proses persalinan yang diduga akibat cedera selama proses persalinan.

Menurut Nurul, yang juga seorang bidan, persalinannya perlu dilakukan secara caesar. Dia mempertimbangkan berat badannya yang naik drastis dan riwayat kesehatan diri.

Dalam proses persalinan, dr. Anita memutuskan melakukan vakum tanpa informed concent. Padahal, suaminya dalam keadaan sadar. Akhirnya, bayi Nurul lahir dengan berat bayi baru lahir (BBL) 4.800 gr dan panjang 52 cm. Berat bayi 4,8 kg, kata dia tidak seharusnya dilahirkan secara normal.

Sementara itu, dr. Anita Rohmah masih belum dapat memberikan pernyataan perihal kelumpuhan lengan kiri bayi Nurul. “Mohon maaf. Sementara ini, kami ikuti proses dan prosedur yang berlangsung,” kata Anita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengamat Nilai PDIP Semakin Dekat dengan Koalisi Prabowo, Ini Buktinya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement