Advertisement

Puluhan Pelaku UKM Kota Jogja Ikuti Jakarta Fair 2024, Ini Dia Barang yang Ditampilkan

Media Digital
Selasa, 09 Juli 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan Pelaku UKM Kota Jogja Ikuti Jakarta Fair 2024, Ini Dia Barang yang Ditampilkan Beberapa produk UKM Kota Jogja dipamerkan dalam Jakarta Fair, beberapa waktu lalu. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 43 pelaku usaha kecil menengah (UKM) dari Kota Jogja diberangkatkan mengikuti Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2024. Selama sebulan mereka akan memamerkan dan menjajakan produk-produk unggulannya di acara tersebut.

Plh. Kepala Bidang Bimbingan Usaha Promosi & Kemitraan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Jogja, Joko Prihantoko menjelaskan Jakarta Fair merupakan event pameran terbesar se-Asia Tenggara. “Beraneka ragam stan dan pertunjukan seni serta produk unggulan daerah ditampilkan memeriahkan acara ini,” ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Advertisement

Tahun ini, event yang berlangsung di Jakarta International Expo selama 12 Juni-14 Juli 2024 ini mengusung tema Jakarta Fair Mengusung Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. “Dinas Perdagangan Kota Jogja turut berpartisipasi dalam PRJ dengan memfasilitas 43 UKM binaan kami mengikuti PRJ,” katanya.

Untuk mendapatkan jumlah dan pelaku UKM tersebut, pihaknya telah mengurasi UKM dampingan Dinas Perdagangan Kota Jogja. “Kami mengurasi produk, selain itu juga dilakukan survei dan pendampingan langsung ke UKM untuk kesiapan produknya dan variasi produk yang akan ditampilkan,” katanya.

Ke-43 UKM tersebut berperan mempromosikan produk-produk unggulan dari Kota Jogja. Mereka dibagi dalam lima kelompok atau kloter. Setiap kloter terdiri dari delapans ampai sembilan UKM. “Kami juga mendampingi mereka selama PRJ berlangsung,” paparnya.

Produk unggulan Kota Jogja yang diikutsertakan pada Jakarta Fair ini antara lain, fesyen, kerajinan perak, kerajinan kulit, dan batik serta kuliner khas Kota Jogja. “Keikutsertaan pameran pada event PRJ 2024 yang berlangsung selama satu bulan lebih ini tentunya memberikan dampak positif pada tingkat promosi produk unggulan Kota Jogja,” katanya.

Selain itu, melalui tampilan display yang menarik serta memperlihatkan ciri khas kan ornamen budaya Kota Jogja akan semakin menambah daya tarik konsumen untuk berkunjung dan bertransaksi di stan produk unggulan Kota Jogja. “Minat warga Jakarta dengan adanya stan UKM Kota Jogja di dalam area Pekan Raya Jakarta sangat antusias dan sangat tertarik untuk bisa langsung berinteraksi dengan pelaku UKM Kota Jogja dan berbelanja berbagai macam produk UKM Kota Jogja,” ungkapnya.

Pemkot Jogja telah terlibat dalam Jakarta Fair sejak 2010 silam. Hingga saat ini, UKM dari Kota Jogja yang ikut serta dalam event ini sudah mencapai sekitar 500 UKM. Diharpkan semakin banyak UKM yang mengikuti event ini akan semakin dikenal pula produk unggulan Kota Jogja.

Output yang diharapkan adalah semakin berkembangnya UKM kota Jogja pada sisi pemasaran dan mampu bersaing di kancah pangsa pasar nasional bahkan internasional serta target omzet UKM juga semakin meningkat,” pungkasnya.

Adapun, Jakarta Fair merupakan event tahunan yang digelar di Jakarta sejak 1968. Dalam event internasional ini dipamerkan berbagai produk dalam negeri. Sejak pertama kali digelar, Jakarta Fair hanya dua kali absen yakni pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement