Advertisement

Laka Laut di Gunungkidul Banyak Menimpa Warga Lokal

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 10 Juli 2024 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Laka Laut di Gunungkidul Banyak Menimpa Warga Lokal Petugas memasang rambu peringatan bahaya di kawasan Pantai Parangtritis untuk mencegah adanya laka laut - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Koordinator SAR Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah Operasi I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara menyampaikan kecelakaan laut (laka laut) mayoritas menimpa warga lokal.

Jumlah laka laut selama enam bulan terakhir yang terjadi di wilayah operasinya (wilops) yang merentang dari Pantai Sadeng hingga Ngitun mencapai lima kejadian. Ada enam belas pantai yang diampu 35 personel di wilpos ini.

Advertisement

Laka laut tersebut antara lain di Pantai Jungwok dengan korban meninggal satu warga lokal yang sedang memancing; kedua, Pantai Watu Lumbung dengan satu orang korban selamat; ketiga, Pantai Sadeng dengan korban tiga orang selamat; keempat, Pantai Sadeng dengan korban dua orang selamat; dan Pantai Sadeng dengan dua korban meninggal dunia.

BACA JUGA: Dua Korban Meninggal Dunia Terseret Arus Pantai Parangtritis Ternyata Satu Keluarga, Ini Kronologinya

“Laka laut pengunjung hanya ada satu korban dan selamat. Kalau wilayah operasi kami, kami perketat penjagaan dan bilamana ada pengunjung yang berada di tempat-tempat berbahaya dan mengancam jiwanya kami beri imbauan,” kata Sunu dihubungi, Rabu, (10/7/2024).

Imbauan mereka sampaikan dengan sopan dan ramah. Hanya, sesekali SAR akan mengimbau dengan berteriak apabila situasi tergolong mendesak dan mengancam. Semua demi keselamatan pengunjung.

Adapun laka yang menimpa warga lokal seperti nelayan daratan atau pemancing, menurut Sunu disebabkan oleh kelalaian. Warga lokal dianggap mengerti jadwal atau tanda cuaca ekstrem. Mereka dapat menentukan waktu aman untuk melaut.

“Imbauan kami, nelayan jangan memaksakan diri untuk melaut apabila cuaca ekstrem [agar tidak terjadi laka laut],” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Tergetkan Selesaikan 87 Kasus Mafia Tanah Tahun Ini

News
| Senin, 15 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement