Advertisement

Jalan Gedongkuning Sisi Selatan Diperbaiki, Pemkot Siapkan Rp9 Miliar

Lugas Subarkah
Kamis, 11 Juli 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Jalan Gedongkuning Sisi Selatan Diperbaiki, Pemkot Siapkan Rp9 Miliar pekerja melaksanakan pemeliharaan jalan Gedongkuning sisi selatan, beberapa waktu lalu. - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja melanjutkan pekerjaan pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning sisi selatan pada tahun ini. Pemeliharaan berkala itu meliputi pembangunan saluran air hujan atau drainase sampai pengaspalan.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari, menjelaskan pekerjaan pemeliharaan Jalan Gedongkuning itu meliputi pembuatan saluran drainase dan pekerjaan aspal.

Advertisement

Pembangunan saluran drainase dengan box culvert ukuran 100 x 100 centimeter. Pekerjaan aspal meliputi pengelupasan dan perbaikan struktur aspal dan overlay aspal. “Secara umum, kondisi Jalan Gedongkuning berdasar survei kondisi jalan akhir 2022 adalah rusak ringan 100 persen,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Pekerjaan pemeliharaan Jalan Gedongkuning selatan sepanjang 1,05 km mulai dari simpang empat PLN Gedongkuning sampai dengan selatan simpang empat Ngeksigondo. “Drainase diperbaiki karena drainase eksisting tidak berfungsi optimal dan bercampur dengan saluran irigasi,” katanya.

Pekerjaan ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Jogja 2024 dengan pagu anggaran sekitar Rp9 miliar. Masa pekerjaan pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning selatan selama 180 hari kalender atau enam bulan yang sudah dimulai pada pertengahan Mei 2024.

BACA JUGA: Perbaikan Jalan Rusak di Kulonprogo Mulai Dikerjakan

Selama pengerjaan ini, tidak ada penutupan arus lalu lintas jalan secara total, karena pengerjaan pemeliharaan dilakukan bertahap. “Saat ini pun tidak ada penutupan satu sisi jalan. Kedua sisi bisa berfungsi normal. Hanya diperlukan penyesuaian manajemen lalu lintas saja,” katanya.

Pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning sisi selatan itu menjadi salah satu paket strategis pembangunan Pemkot Jogja 2024. Totalnya ada 10 paket strategis pembangunan Pemkot Jogja 2024 yang ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Jogja No. 119/2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement