Advertisement

Disdikpora DIY Sosialisasikan Beasiswa Pendidikan Menengah

Media Digital
Jum'at, 19 Juli 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Disdikpora DIY Sosialisasikan Beasiswa Pendidikan Menengah Agenda Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah yang digelar Disdikpora DIY di Parangtritis Geomaritime Science Park, Parangtritis, Kretek, Bantul, Jumat (19/7/2024). - Stefani Yulindriani

Advertisement

BANTUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menggelar Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah di Parangtritis Geomaritime Science Park, Parangtritis, Kretek, Bantul, Jumat (19/7/2024).

Kepala Seksi Sekolah Menengah Atas Disdikpora DIY, Supartini menyatakan beasiswa pendidikan menengah yang dikucurkan Pemda DIY berasal dari APBD DIY 2024. Tahun ini anggaran yang dikucurkan mencapai Rp24,7 miliar.

Advertisement

Anggaran tersebut akan dikucurkan dalam beberapa bentuk beasiswa meliputi Kartu Cerdas, Jaminan Kelangsungan Pendidikan (JKP), Beasiswa Retrieval, dan Pemberian Peralatan Sekolah.

Untuk Kartu Cerdas, alokasi anggaran yang dikucurkan mencapai Rp21,3 miliar. Kemudian untuk JKP anggarannya Rp2,4 miliar; untuk Beasiswa Retrieval Rp600 juta; dan Pemberian Peralatan Sekolah anggarannya mencapai Rp399,5 juta.

Dijelaskan Supartini, Beasiswa Kartu Cerdas dan Pemberian Peralatan Sekolah diberikan dengan sasaran pelajar di tingkat SMA/SMK sederajat yang berasal dari keluarga prasejahtera atau rawan miskin.

Sementara, JKP diberikan bagi pelajar yang ijazahnya tertahan di sekolah karena mengalami masalah keuangan. Kemudian, Beasiswa Retrieval diberikan kepada anak usia sekolah yang putus sekolah agar dapat kembali melanjutkan pendidikan. “Beasiswa ini untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, dengan beasiswa ini diharapkan mereka bisa tetap melanjutkan sekolah, minimal sampai tingkat SMA/SMK,” katanya.

Dia menuturkan, Disdikpora DIY telah menggelar Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah sejak tahun lalu. Tahun ini, penyelenggaraan sosialisasi beasiswa tersebut kembali dilakukan untuk menyebarluaskan informasi terkait dengan mekanisme untuk mengakses beasiswa tersebut kepada masyarakat di DIY.

Disdikpora DIY, menurut Supartini, juga menyosialisasikan beasiswa tersebut ke sejumlah sekolah di DIY. Dengan begitu, diharapkan ketika ada siswa yang kesulitan dalam pendanaan pendidikan, maka dapat disampaikan ke Disdikpora DIY melalui sekolah. “Kami berharap program ini bisa mendorong peningkatan angka partisipasi sekolah di DIY,” ujarnya.

Anggota DPRD DIY, Tustiyani, mengatakan penyaluran beasiswa diselenggarakan untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah bagi anak di DIY. Dia berharap beasiswa pendidikan menengah tersebut dapat diakses masyarakat setempat sehingga angka partisipasi sekolah di DIY terus meningkat. “Kami berharap anak-anak tetap dapat melanjutkan pendidikan meskipun orang tua mereka mengalami kesulitan ekonomi. Dengan beasiswa ini, mereka tetap bisa melanjutkan pendidikan,” katanya.

Salah satu warga yang mengikuti sosialisasi, Yuli Sumiastuti, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, sosialiasi tersebut membuatnya mengetahui adanya program beasiswa pendidikan menengah. Dia pun berharap sasaran penerima beasiswa benar-benar tepat sasaran. “Semoga ini [beasiswa] bisa berlanjut. Semoga siswa yang membutuhkan [beasiswa pendidikan menengah] bisa mendapatkannya,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 14 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement