Advertisement

Demi Keselamatan di Jalan, Sekolah di Jogja Ajak Siswanya Manfaatkan Layanan Trans Jogja

Alfi Annisa Karin
Minggu, 21 Juli 2024 - 16:27 WIB
Ujang Hasanudin
Demi Keselamatan di Jalan, Sekolah di Jogja Ajak Siswanya Manfaatkan Layanan Trans Jogja Trans Jogja.ist/X - @transjogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Beberapa SMP di Kota Jogja gencar melakukan sosialisasi terkait keamanan berkendara. Ini lantaran siswa SMP belum secara legal diperkenankan mengendarai sepeda motor. Untuk itu, siswa diajak untuk bisa memanfaatkan kendaraan umum seperti Transjogja sebagai alat transportasi saat berangkat dan pulang sekolah.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPN 14 Jogja Rina Purwendri menuturkan keselamatan berkendara bagi anak-anak didiknya menjadi perhatian khusus. Terbukti, edukasi keselamatan berkendara turut menjadi materi yang disampaikan kepada siswa saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) beberapa waktu lalu.

Advertisement

Dia mengatakan, pihak sekolah tegas melarang siswa mengendarai sepeda motor sendiri untuk berangkat ke sekolah. Reni menganjurkan siswa untuk memanfaatkan Transjogja atau setidaknya diantar oleh orang tua. Sebagai langkah preventif, pihak sekolah kerap melakukan razia secara acak. Sebab, ada beberapa titik parkir di sekitar lingkungan sekolah.

"Terakhir kami menemukan kasus yang bawa motor itu dua tahun lalu," kata Reni.

Jarangnya temuan kendaraan siswa menunjukkan edukasi yang diberikan oleh SMPN 14 Jogja praktis terbilang berhasil. Rina menuturkan kendaraan Transjogja juga sejauh ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa. Apalagi, halte Transjogja hanya terletak tepat di depan sekolah. Ini turut mempengaruhi siswa untuk menaiki Transjogja. Meski tak menyebut jumlah pastinya, tapi Rina memperkirakan cukup banyak siswa yang sejauh ini memanfaatkan keberadaan kendaraan umum.

BACA JUGA: Dishub DIY Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

"Setidaknya sebanyak 40 persen diantaranya memanfaatkan tranportasi umum. Meliputi Transjogja dan ojek online," imbuhnya.

Senada dengan Rina, Kepala SMPN 12 Jogja Abdurrahman mengatakan pihaknya juga mengadakan sosialisasi soal pemanfaatan kendaraan umum. Dia turut mendukung upaya penggunaan kendaraan umum mengingat dapat mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan. Belum lagi, anak akan berisiko tinggi mengalami kecelakaan jika mengendarai sepeda motor.

"Mentalnya belum stabil soal potensi bahaya dan aturan berkendara," tuturnya.

Selain edukasi soal keamanan berkendara, pihaknya juga turut melakukan edukasi terkait perilaku sopan dan disiplin siswa sebagai penumpang.

"Pernah ada audiensi dengan pihak Transjogja," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement