Advertisement

Libatkan 193 Penari, Upacara HUT Bantul Dimeriahkan Tari Klosal Nyawiji, Saiyek Saeka Kapti

Stefani Yulindriani Ria S. R & Ujang Hasanudin
Minggu, 21 Juli 2024 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
Libatkan 193 Penari, Upacara HUT Bantul Dimeriahkan Tari Klosal Nyawiji, Saiyek Saeka Kapti Tari kolosal Nyawiji, Saiyek Saeka Kapti meriahkan HUT Bantul ke 193 di Lapangan Trirenggo, Sabtu (20/7/2024). - bantulkab,.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bantul ke 193 bertajuk Bersatu Membangun Bantul Maju, Sejahtera dan Berbudaya. Perayaan HUT tersebut menjadi momen merefleksikan arah pembangunan yang ada di Bantul.

Puncak peringatan HUT Kabntul ke-193 ini dipusatkan di Lapangan Trirenggo, Sabtu (20/7/2024). Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang jalan depan Lapangan Trirenggo hingga Lapangan Paseban Bantul untuk menyaksikan kirab,

Advertisement

Dimulai dengan upacara yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Kabupaten Bantul, diakhiri dengan kirab bregodo yang diikuti 25 kelompok bregodo perangkat daerah, kapanewon, BUMN, dan BUMD.

Mengambil tema Bersatu Membangun Bantul Maju, Sejahtera, dan Berbudaya, upacara juga dimeriahkan dengan pentas tari kolosal Nyawiji, Saiyek Saeka Kapti yang menampilkan 193 penari. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menuturkan perayaan tersebut merupakan wujud kebersamaan warga Bantul yang memiliki tujuan dan tekad yang sama untuk membangun Bantul agar lebih maju dan sejahtera. Dia menuturkan upaya membangun Bantul selama ini telah diwujudkan dalam berbagai program antara lain untuk pengurangan kemiskinan, angka pengangguran dan ketimpangan pendapatan. 

Kemudian, Pemkab Bantul juga terus berupaya menurunkan angka stunting dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan. Pemkab Bantul juga mencanangkan program pengelolaan sampah menuju Bantul bersih sampah di tahun 2025. Pemkab Bantul juga berupaya menjadikan daerah tersebut sebagai daerah yang tangguh bencana.  

BACA JUGA: Menparekraf Harapkan Desa Wisata Krebet Bantul Naik Kelas dan Susul Desa Nglanggeran

Pemkab Bantul juga berupaya menjaga ketertiban dan ketentraman untuk mewujudkan masyarakat yang rukun dan guyub dalam berpolitik untuk menyukseskan Pilkada 2024. Selain itu, menurutnya Pemkab Bantul juga berupaya menjadikan daerah tersebut sebagai Kabupaten Layak Anak Paripurna.

Dia menuturkan Pemkab Bantul juga berupaya menerapkan nilai-nilai keistimewaan DIY untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan dalam bidang sosial budaya, serta mewujudkan ketentraman dan ketertiban. Dia menuturkan peringatan HUT Bantul masih menyisakan beberapa rangkaian acara lain, antara lain Bantul Fun Run yang akan digelar pekan depan.

"Hari jadi yang ke 193 tahun ini telah melalui berbagai macam rangkaian kegiatan yang sangat panjang, pada 28 Juli [2024], nanti akan ada diikuti ribuan warga Bantul fun run," katanya.

Sementara Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menuturkan dalam perayaan tersebut dia berharap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bantul dapat terus ditingkatkan. Dengan begitu, menurutnya akan mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dan pembangunan daerah.

"Kita juga berterimakasih kepada masyakarat Bantul yang secara kompak, guyub mewujudkan Bantul yang maju, yang berkembang. Harapan kita sinergi antara pemerintah dan masyarakat ini akan terus kita tingkatkan, kembangkan dan kuncinya kita harus kerja keras turun ke bawah untuk mewujudkan harapan dan keinginan masyarakat," katanya.

Dalam perayaan tersebut ada ribuan orang dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perangkat kapanewon dan kalurahan yang turut berpartisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement