Advertisement

Ratusan Pemilih Muda Ikuti Diskusi Literasi Terkait Pilkada Kota Jogja

Sunartono
Senin, 22 Juli 2024 - 22:57 WIB
Sunartono
Ratusan Pemilih Muda Ikuti Diskusi Literasi Terkait Pilkada Kota Jogja Diskusi publik berbasis literasi bertajuk Menyikapi Dinamika Pilkada 2024, Menuju Pemerintahan Berkualitas dan Inklusif di Pendopo Resto Raos Djogja, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja, Senin (22/7/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan para pemilih muda mengikuti diskusi publik berbasis literasi bertajuk Menyikapi Dinamika Pilkada 2024, Menuju Pemerintahan Berkualitas dan Inklusif di Pendopo Resto Raos Djogja, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja, Senin (22/7/2024). Diskusi yang secara khusus membahas Pilkada Kota Jogja ini dihadiri sejumlah nama yang santer dikabarkan bakal maju pada pertarungan politik perebutan kursi Wali Kota Jogja.

Diskusi ini digelar Forum Politisi Muda Indonesia (FPMI) DIY bersama komunitas binaannya Nyala Litera Indonesia. Panitia Diskusi Ardha Kusuma menjelaskan diskusi itu digelar dengan menghadirkan para pemilih muda Kota Jogja. Selain itu partai politik, KPU, pengamat politik hingga dari tokoh publik yang santer dikabarkan akan maju di Pilkada Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : Coklit Data Pemilih Pilkada Bantul Rampung 100%, KPU Beberkan Tahapan Selanjutnya

"Sehingga para pemilih muda ini bisa bertambah wawasannya dalam menyikapi dinamika politik di Kota Jogja. Termasuk dengan kandidat kelak, harapannya bisa berkampanye dengan secara berkualitas berintegritas," katanya.

Melalui diskusi tersebut, harapannya semua bisa tercerahkan karena melibatkan banyak pihak yang berpotensi akan bersinggungan pada tahapan Pilkada Kota Jogja mendatang. "Sehingga forum ini sebagai bentuk pendidikan politik bersama, baik dari kalangan pemilih muda khususnya, tetapi juga kandidat dan parpol agar proses pilkada ini berjalan lancar," katanya.

Pembicara Utama Titok Hariyanto mengungkapkan pentingnya pemimpin dalam merespons masalah keseharian di Kota Jogja. Menurutnya kebijakan seringkali tidak muncul dari persoalan sehari-hari yang dialami masyarakat.

"Menurut saya persoalan sehari-hari warga ini harus diangkat ke panggung yang lebih tinggi, karena selama ini pendekatan pembangunan hanya berbasis konsultasi bukan dari pendekatan kekeluargaan sehingga kadang miskin kedaulatan," katanya.

BACA JUGA : Gerindra Usung Kapolda Ahmad Luthfi untuk Pilkada Jateng 2024

Adapun sejumlah tokoh yang selama ini disebut potensial maju di Pilkada Kota Jogja hadir dalam diskusi itu antara lain Anggota DPD RI Afnan Hadikusumo, mantan Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, Anggota Komisi B DPRD Kota Jogja Krisma Eka Putra, Politikus Partai Nasdem Sri Widya Supeno dan dosen sekaligus pengusaha, Ariyanto. Kelimanya diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan singkatnya terkait Kota Jogja dan melakukan diskusi dengan peserta khususnya para pemilih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jalan Tol IKN Seksi 6B dan Akses 6C Ditarget Selesai Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement