Advertisement

262 Karya Foto Dipamerkan dalam Pameran Fotografi Internasional di ISI Jogja

Newswire
Selasa, 23 Juli 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
262 Karya Foto Dipamerkan dalam Pameran Fotografi Internasional di ISI Jogja Kurator Pameran Fotografi Internasional Agatha Anne Bunantha melihat salah satu karya foto yang dipamerkan di Galeri R.J Katamsi ISI Yogyakarta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Sebanyak 262 karya foto dari 203 anggota yang berasal dari 23 negara, dipamerkan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. pameran yang berlangsung dari23 Juli 2024 hingga 12 Agustus 2024 tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI bekerja sama dengan Photographic Society of America (PSA) dan Art Photography Indonesia (API).

"Pameran Fotografi Internasional ini menampilkan sebanyak 262 karya foto dari 203 anggota PSA berasal dari 23 negara, serta karya karya foto dari dosen Program Studi Fotografi dan karya foto mahasiswa Prodi Fotografi," kata Rektor ISI Yogyakarta Irwandi pada pembukaan pameran tersebut di Yogyakarta, Selasa (23/7/2024) dikutip Antara.

Advertisement

Menurut dia, ratusan karya fotografi tersebut akan dipajang mulai 23 Juli sampai 12 Agustus 2024 di Galeri R.J Katamsi ISI Yogyakarta, pameran dengan tema "My Homeland" tersebut sebagai rangkaian acara kedua PSA Photo Gathering 2024 di Indonesia.

Selain karya foto, pada ajang pameran juga menayangkan 17 karya film dari Prodi Sarjana Film dan Televisi, Prodi D4 Animasi, dan Prodi D4 Produksi Film dan Televisi, penayangan karya film dilaksanakan di lantai dua Galeri R.J Katamsi ISI Yogyakarta.

"Kehadiran ratusan karya dari PSA, dosen Prodi Fotografi, dan karya mahasiswa Prodi Fotografi ini tentu merupakan sebuah capaian yang luar biasa bagi kami, kampus seni yang berkomitmen meningkatkan rekognisi sebagai kampus kelas dunia," katanya.

Dia mengatakan, sementara penayangan karya audiovisual dari berbagai prodi tersebut juga menjadi pengayaan muatan karya yang ditampilkan, dengan harapan mampu memperluas wawasan dan imajinasi kita semua melalui kekayaan karya seni dari berbagai belahan dunia.

BACA JUGA: ISI Yogyakarta Gelar Pameran Fotografi, Diikuti 150 Peserta dari 33 Negara

Pihaknya berharap, pameran ini membuka peluang kepada para fotografer dan akademisi di Indonesia untuk berinteraksi dengan para fotografer dan akademisi dunia dari berbagai negara yang diharapkan akan berlanjut dengan kerjasama antar institusi atau bahkan negara.

"Juga memenuhi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu program studi yang bekerjasama dengan mitra kelas dunia dan keterlibatan dosen serta mahasiswa memamerkan karya melalui sebuah pameran berskala internasional," katanya.

Sementara itu, kurator Pameran Fotografi Internasional Agatha Anne Bunantha mengatakan, tema "My Homeland" dipilih agar dengan fotografi masing-masing fotografer dapat mengenalkan tanah air sekaligus memberikan informasi pendidikan dan komunikasi visual dari berbagai budaya dan kesenian di negaranya.

Agatha yang juga International Relationships Vice President PSA Direktur Yayasan API mengatakan, ISI Yogyakarta adalah suatu institusi seni terbesar di Indonesia yang telah berpengalaman mengadakan berbagai pameran baik berskala nasional maupun internasional khususnya pameran fotografi.

"Pameran ini akan membuka wawasan dan memotivasi generasi muda atau mahasiswa untuk lebih kreatif dalam berkarya. Juga kolaborasi ini akan membuka jejaring dan kerjasama dan kesempatan yang lebih luas di dunia internasional baik untuk civitas akademika ISI Yogyakarta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,1 Guncang Papua

News
| Selasa, 17 September 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement