Advertisement

Kampus Lapangan Kulonprogo ITNY Siap Mendukung Terwujudnya Geopark Jogja

Media Digital
Kamis, 25 Juli 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Kampus Lapangan Kulonprogo ITNY Siap Mendukung Terwujudnya Geopark Jogja Kampus Lapangan Kulonprogo ITNY Siap Mendukung Terwujudnya Geopark Jogja. - Ist

Advertisement

KULONPROGO– Dalam rangka verifikasi pengajuan status Geopark Nasional terhadap keberadaan Geopark Jogja, Kampus Lapangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menjadi salah satu bagian yang dikunjungi oleh Tim Verifikasi dari Kementrian ESDM. Kunjungan verifikasi telah dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2024.

Kedatangan tim Verifikasi untuk melihat sejauh mana keberadaan kampus Lapangan ITNY dalam mendukung usulan Geopark Jogja berstatus sebagai Geopark Nasional. Kedatangan tim verifikasi bersama Badan Pengelola Geopark Jogja dan Bappeda Kulon Progo ke kampus lapangan ITNY diterima oleh Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan ITNY Dr. Hill Gendoet Hartono, Kepala Laboratorium Kampus Lapangan M. Fatih Qodri, S.T., M.Eng dan Kepala LPPMI ITNY Dr. Ir. Hita Pandita, S.T., M.T.

Advertisement

Penjelasan terkait peran ITNY bersama dengan BP Geopark Yogya dan juga Bappeda Kulon Progo dijelaskan dengan rinci oleh Dr. Ir. Hita Pandita. Kegiatan tersebut penyusunan Road Map Tata kelola Geoheritage Kulon Progo, Penyusunan rencana pengelolaan Geosite Formasi Nanggulan, sampai penerjunan mahasiswa dalam membantu mitigasi kebencanaa di wilayah Kulon Progo.

Adapun Dr. Hill Gendoet Hartono, menjelaskan tentang perkembangan penelitian kebumian di wilayah Kulon Progo yang dilakukan oleh para Dosen dan mahasiswa dari ITNY. Penelitian-penelitian tersebut secara tidak langsung mendukung langkah-langkah konservasi terhadap situs-situs geosite yang ada di Kulonprogo.

BACA JUGA: Diusulkan Jadi Geopark Nasional, Kawasan Geologi Kulonprogo Dikembangkan ke Eduwisata

BACA JUGA: Wow, Tim PKM KC ITNY 2024 Menciptakan Alat Pendeteksi Nominal Mata Uang Kertas Model Virtual Reality

Fatih Qodri S.T., M.Eng., Lebih menjelaskan keberadaan Kampus Lapangan dalam mendukung proses Tridharma Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan ilmu kebumian. Keberadaan kampus yang juga digunakan oleh masyarakat sekitar juga dijelaskan.

Kampus Lapangan ITNY memainkan peran penting dalam konservasi, edukasi, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar situs geoheritage. Salah satu langkah yang telah diambil adalah menyediakan ruangan untuk informasi geocorner Geopark Jogja. Keberadaan Geocorner tersebut diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman adanya kawasan Geopark di wilayah Kulon Progo. Pengakuan atas keterlibatan ITNY dalam mendukung keberadaan kawasan Geoheritage di Kulon Progo juga disampaikan oleh Kepala Bappeda Kulon Progo dalam sambutan penerimaan tim Verifikasi.

Dengan dukungan penuh dari ITNY serta kolaborasi dengan Pemkab Kulon Progo, diharapkan Geopark Jogja dapat segera terwujud dan memberikan manfaat besar bagi konservasi alam, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kulonprogo dan sekitarnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement