Advertisement

Diusulkan Jadi Geopark Nasional, Kawasan Geologi Kulonprogo Dikembangkan ke Eduwisata

Triyo Handoko
Senin, 15 Juli 2024 - 18:17 WIB
Ujang Hasanudin
Diusulkan Jadi Geopark Nasional, Kawasan Geologi Kulonprogo Dikembangkan ke Eduwisata Pertunjukan seni budaya di kawasan geologi Gua Kiskendo yang digelar DinparKulonprogo untuk makin menarik wisatawan. Dok DinparKulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pengembangan pariwisata lima situs geologi di Bumi Binangun yang tengah diusulkan jadi geopark nasional diarahkan ke eduwisata. Pembangunan kawasan geologi jadi eduwisata ini karena potensi ilmu pengetahuan dan pengembangan penelitian yang dimiliki lima situs tersebut.

Semua situs geologi ini dinilai Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo memiliki kekayaan pengetahuan yang beragam dan unik sehingga memiliki daya tarik sebagai eduwisata. Kepala Bidang Destinasi Dinpar Kulonprogo, Muh. Juaini menjelaskan pada Senin (15/7/2024) bahwa potensi wisata di lima kawasan tersebut sangat besar, dari pemandangan alam, kekayaan budaya, hingga produk ekonomi kreatif.

Advertisement

Dari beragam kekayaan potensi wisata itu, jelas Juaini, yang dapat menghubungkan kelima situs geologi ini adalah potensi eduwisata karena semuanya memiliki potensi tersebut. "Sehingga ini yang akan kami kembangkan, seperti yang sudah kami bikin masterplan pengembangannya di Kliripan Mangan," jelasnya.

Juaini menjelaskan potensi pemandangan alam dari kawasan gelologi ini dimiliki Perbukitan Widosari di Kapanewon Samigaluh dan Puncak Tebing Kaldera Purba Kendil-Suroloyo. Sementara yang memiliki potensi budaya adalah Goa Kiskendo di Kapanewon Girimulyo.

BACA JUGA: Pemkab Kulonprogo Perjuangkan Status 5 Situs Geologi Menjadi Geopark Nasional

Sedangkan Formasi Nanggulan Eosen Kalibawang dan Kawasan Kliripan Mangan di Kapanewon Kokap memiliki potensi biodiversitas yang beragam karena keduanya bekas pertambangan masa silam. "Tiga kawasan geologi sudah dikelola dengan cukup baik, dua lainnya yaitu Kawasan Kliripan dan Eoson terus kami kembangkan," ungkap Juaini.

Masterplan untuk Kawasan Kliripan Mangan sudah rampung dan pengembangannya akan integratif, lanjut Juaini, termasuk mewadahi industri gula semut yang sudah berkembang lama di sana. "Tantangannya ada di Kawasan Eoson karena kepemilikan lahan yang kebanyakan dipegang perorangan warga sekitar, sehingga masih terus kami koordinasikan," paparnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Dinpar Kulonprogo, Saryanto menyebut pihaknya terus mempromosikan potensi wisata di lima kawasan tersebut. "Terbaru kami promosikan potensi kopi sebagai bagian dari potensi wisata di Perbukitan Menoreh ini," tuturnya.

Saryanto menerangkan upaya promosi ke lima kawasan geologi itu dilakukannya secara simultan. Terkait rencana untuk menaikan status kawasan ini jadi geopark nasional, kami terus menggodoknya sesuai masing-masing karakteristik dan keunggulannya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement