Advertisement

Peka Isu Lingkungan! Anak Muda Joga Tanam 1.000 Mangrove & Clean Up di Pantai Samas

Media Digital
Minggu, 28 Juli 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Peka Isu Lingkungan! Anak Muda Joga Tanam 1.000 Mangrove & Clean Up di Pantai Samas Peserta penanaman ribuan mangrove yang diinisiasi MOANA Bike Tour di kawasan Pantai Samas berfoto bersama, Minggu (28/7/2024). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—MOANA Bike Tour, sebuah perusahaan yang bergerak dalam wisata tur sepeda di Jogja menginisiasi program keberlanjutan lingkungan dengan melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove jenis Rhizophora di Pantai Samas, Minggu (28/7/2024).

Jenis Rhizophora dipilih karena pohon mangrove jika tumbuh subuh bisa memproduksi oksigen lima kali lebih banyak dibanding pohon lainnya. Tak hanya bagus untuk udara, tetapi pohon ini juga bisa menjadi habitat untuk biota laut dan melindungi pantai dari abrasi.

Advertisement

Pada 2023, MOANA Bike Tour juga melakukan aksi yang serupa dengan melakukan penanaman 100 pohon mangrove di Pantai Trisik. Acara tersebut berjalan lancar dan mendapatkan respon positif oleh masyarakat sekitar, dan peserta yang hadir. Antusiasme positif tersebut menjadi salah satu alasan untuk mengadakan program ini kembali.

“Terima kasih untuk para kolaborator, peserta, warga, dan semua pihak yang telah membantu mewujudkan cita-cita kami yaitu menanam 1.000 mangrove di pantai selatan Jogja ini Alhamdulillah akhirnya terwujud. Betapa kontribusi besar untuk Pantai Samas ini.” ucap Founder MOANA Bike Tour, Anita Briana, seperti dikutip dari keterangan resminya, Minggu.

Pada tahun ini, sebagai bentuk rasa syukur atas anniversary-nya yang ke-5 tahun, MOANA Bike Tour melakukan aksi kebermanfaatan yang lebih luas dengan menggandeng sejumlah pihak kolaborator seperti The Alana Hotel Yogyakarta, Dowa Bag, Kazu Ramen, dan Roka ID.

Kolaborasi ini merupakan bagian dukungan nyata terhadap upaya memperbaiki kualitas lingkungan pantai dan mitigasi perubahan iklim.

Penanaman mangrove tersebut, kata dia, bukan hanya untuk memperingati World Conservation Day, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab seluruh pihak terhadap lingkungan dan komitmen kami dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir.

Selain para kolaborator, kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah traveler enthusiast, influencer, komunitas, mahasiswa, dan Dimas Diajeng Jogja, Bantul, Provinsi DIY dengan total keseluruhan sekitar 60 peserta.

Setiap peserta mendapatkan sekitar 10-15 pohon untuk ditanam. Penanaman dibantu oleh pihak konservasi penyu Pantai Samas yaitu Reispirasi dan warga sekitar. 

Pada sambutannya, General Manager The Alana Hotel Yogyakarta, Joezar mengatakan, “Semoga kita bisa dapat membantu pelestarian pantai, semoga kedepannya sukses, dan semoga kedepannya bisa menanam lebih banyak lagi misalnya 10.000 atau 100.000 pohon mangrove di Jogja.”

Setelah acara selesai, salah satu peserta Venta mengatakan, “Kita barusan habis menanam 1.000 mangrove, kita habis bersih-bersih di Pantai Samas acaranya seru banget dan semoga MOANA nantinya bakal lebih sustain lagi dan berkontribusi buat bumi kita”.

Sebelum acara berakhir, seluruh peserta juga diajak untuk turut terlibat dalam acara bersih pantai atau Beach Clean Up. Selain agar lingkungan sekitar bersih, kegiatan bersih pantai ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pesisir agar tetap indah dan terawat.

Tim pelaksana berharap bahwa inisiatif program ini dapat memberikan manfaat jangka panjang dan inspirasi untuk perusahaan lain, komunitas, dan masyarakat sekitar untuk dapat menjaga alam demi keberlanjutan bumi di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! DPR Sahkan RUU Kementerian Negara jadi Undang-undang

News
| Kamis, 19 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement