Advertisement

Amankan Wilayah Udara IKN, Sejumlah Pesawat Tempur Siap Antisipasi Penerbangan Gelap

Catur Dwi Janati
Senin, 29 Juli 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Amankan Wilayah Udara IKN, Sejumlah Pesawat Tempur Siap Antisipasi Penerbangan Gelap Proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). - Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah mekanisme pengamanan wilayah telah disiapkan TNI Angkatan Udara untuk mengamankan wilayah udara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sejumlah pesawat tempur dari beberapa wilayah di dekat IKN bahkan siap diberangkatkan untuk menindak penerbangan gelap di langit IKN.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono mengaku telah menyiapkan sejumlah mekanisme pengamanan wilayah udara di kawasan IKN. Mengintegrasikan sejumlah radar milik angkatan udara dan radar sipil, aktivitas udara di atas wilayah IKN akam terpantau dalam satu monitor. 

Advertisement

"Jadi pengamanan udara seperti tadi saya bilang saat ini masih bisa dikaver oleh radar yang ada. Kami juga radarnya bekerja sama dengan radar-radar sipil yang diintegrasikan dan semua termonitor di dalam satu screen ada di baik Kosek [Komando Sektor] maupun di Koopsudnas [Komando Operasi Udara Nasional]," kata Tonny, Senin (29/7/2024).

Berbekal radar ini, TNI AU bisa mendeteksi pergerakan pergerakan pesawat di langit IKN. Jika sewaktu-waktu terpantau adanya pergerakan penerbangan gelap, TNI AU siap menerjunkan pesawat dari lokasi terdekat.  "Unsur penindak yang terdekat dari IKN adalah di Makassar. Apabila terjadi ada penerbangan gelap yang mengharuskan angkatan udara untuk menindak atau mengintersep maka kita akan berangkatkan pesawat dari Makassar," terangnya. 

Tak tanggung-tanggung, pesawat Sukhoi yang ada di Makassar siap diberangkatkan untuk menindak penerbangan ilegal di langit teritorial IKN. Selain Sukhoi, sejumlah pesawat tempur dari wilayah terdekat lainnya seperti Balikpapan dan Tarakan siap diluncurkan bila dibutuhkan. 

"Ada pesawat Sukhoi di sana [Makassar] dan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu pesawat-pesawat tempur lainnya akan bergerak dari Balikpapan atau Tarakan tergantung dari situasi untuk siap mengamankan IKN," tandasnya.

BACA JUGA: Gedung Kantor Presiden di IKN Diberi Nama Istana Garuda

Di sisi lain Tonny menjelaskan bila TNI AU akan membuat satuan angkatan udara bandara IKN. "Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian ATR/BPN untuk lahan yang dimaksud. Tapi kami menyesuaikan program dari pemerintah," tandasnya. 

Meski saat ini belum ada landasan udara (lanud) di IKN, TNI AU telah menyiapkan Lanud Dhomber yang ada di Balikpapan untuk aktivitas pesawat. 

"Jadi termasuk nanti di sana kantor sementara apabila Mabes Angkatan Udara belum dibangun dan mengharuskan pejabat-pejabat Mabes Angkatan Udara berkantor di Kalimantan Timur sudah siap. Untuk Angkatan Udara kami sudah siap apabila harus move ke IKN," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement