Advertisement

Duet Harda Kiswaya-Danang Maharsa di Pilkada Sleman Makin Jadi Kenyataan

David Kurniawan
Kamis, 01 Agustus 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Duet Harda Kiswaya-Danang Maharsa di Pilkada Sleman Makin Jadi Kenyataan Danang Maharsa. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Duet Harda Kiswaya dan Danang Maharsa sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Sleman makin menguat. Selain kabar rekoemdasi dari DPP PDI Perjuangan telah turun, pasangan ini juga telah diusulkan oleh DPD Golkar Sleman.

Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi mengatakan, sesuai dengan kesepakatan dalam Koalisi Sleman Bersatu (KSB) secara resmi telah memutuskan mengusung mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya.

Advertisement

Sementara untuk posisi wakil bupati, masih dibahas di internal koalisi. Meski begitu, secara resmi partainya telah mengusulkan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa sebagai calon wakil bupatinya. “Golkar usulkan Danang Maharsa sebagai calon wakil,” kata Janu, Kamis (1/8/2024).

Menurut dia, usulan ini sudah disampaikan ke KSB. Janu juga mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan, pratai yang menaungi Danang Maharsa juga telah bergabung ke koalisi bersama dengan Gerindra, PPP, NasDem dan PKS. “Kami sudah rapat bersama di KSB,” katanya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sleman, Gustan Ganda saat dikonfirmasi terkait dengan rekomendasi pasangan Harda Kiswaya-Danang Maharsa, masih enggan menjawabnya. Ia berdalih bahwa 3 Agustus akan ada kegiatan mendengarkan pembacaan rekomendasi dari DPP. “Kita undang awak media untuk mendengarkan rekomendasi,” katanya.

Hal berbeda diungkapkan oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY, Totok Hedi Santoso. Menurut dia, rekomenasi sudah turun dan untuk Pilkada Sleman ditunjuk Harda Kiswaya sebagai calon bupati berpasangan dengan calon wakil bupati Danang Maharsa. “Iya, calon yang akan diusung Harda dengan Danang di Pilkada Sleman,” kata Totok.

BACA JUGA: Dukung Harda Kiswaya di Pilkada Sleman, Ini yang Diharapkan oleh Relawan Difabel

Disinggung mengenai apakah PDI Perjuangan akan bergabung di Koalisi Sleman Bersatu yang terlebih dahulu mengusung Harda Kiswaya, Totok menjawab secara diplomatis karena ada kesamaan calon. “Artinya kita akan bareng-bareng mengusung dan memenangkan Harda-Danang untuk Sleman baru,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Sleman, Indra Gumilar mengaku masih menunggu hasil rekomendasi dari DPP. Adapun calon bupati yang berpeluang diusung adalah Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan mantan Sekda Harda Kiswaya. “Hingga sekarang rekomendasi belum turun,” katanya.

Disinggung mengenai adanya duet Harda-Danang di KSB, ia mengakui hal tersebut belum ada kesepakatan di antara partai koalisi pengusung Harda Kiswaya. “Kami hormati mekanisme di internal PDI Perjuangan. Tapi, sampai sekarang KSB belum pernah bertemu dengan Danang Maharsa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkeu Terbitkan PMK Perpanjangan Insentif Pajak Pembelian Rumah

News
| Jum'at, 20 September 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement