Advertisement

Gerindra-PAN Jalin Komunikasi Politik untuk Koalisi di Pilkada Jogja

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 02 Agustus 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Gerindra-PAN Jalin Komunikasi Politik untuk Koalisi di Pilkada Jogja Pertemuan dalam rangka komunikasi politik antara Gerindra-PAN di Kantor DPC Gerindra Kota Jogja, Kamis (1/8/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD PAN Kota Jogja kembali melanjutkan safari politik ke Partai Gerindra, Kamis sore (1/8/2024). Ini merupakan bagian dari perjalanan PAN dalam melakoni komunikasi politik dengan berbagai parpol untuk membangun poros koalisi.

Ketua DPD PAN Kota Jogja Heore Poerwadi menyebut pihaknya memberikan penawaran kerja sama dengan Gerindra. Hubungan antara keduanya pun terbilang harmonis. Sebab, di jajaran pusat baik Gerindra maupun PAN masuk dalam koalisi yang mengusung presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran.

Advertisement

BACA JUGA: Jelang Pilkada Jogja, PSI Merapat ke Gerindra

Jauh sebelum itu, keduanya juga sudah menjalin kerja sama sejak Prabowo saat itu maju sebagai presiden bersama Hatta Rajasa dan Sandiaha Uno. "Kedua partai ini secara umum punya pandangan strategis yang sama. Baik secara nasional maupun di daerah. Sekarang Pak Prabowo jadi presiden. Kita sebagai koalisi ada di sana juga," kata Heore saat ditemui di Kantor DPD Gerindra Kota Jogja, Kamis (1/8/2024).

Heroe berharap kerja sama politik itu bisa terjalin dengan Gerindra. Dia masih punya waktu untuk menyelesaikan rangkaian proses komunikasi politiknya. Sejauh ini, beberapa parpol telah didatangi. Mulai dari PDIP, PKS, hingga Nasdem. Tak berhenti di situ, proses penjajakan dengan parpol lain masih akan terus dilakukan. Mengingat waktu pendaftaran yang menurutnya masih cukup lama.

"Kan masih lama sekitar 2 sampai 3 minggu waktu untuk menyelesaikan proses politik ini. Jadi dinamika pertemuan tertutup atau personal sudah dilakukan banyak, yang jelas selama belum ada SK dari Jakarta kan masih memungkinkan. Semua masih melihat dinamika," tuturnya.

Ketua DPC Gerindra Kota Jogja Sinarbiyat Nujanat menyambut baik ajakan PAN. Sinar menyebut Gerindra dan PAN bak kawan lama. Keduanya tak bisa terpisahkan bahkan hingga 3x pemilihan presiden. Namun, Sinar mengatakan saat ini situasi politik masih sangat cair dan dinamis. Dia mengaku ajakan ini akan ditindaklanjuti secara lebih intensif.

BACA JUGA: Duet Harda Kiswaya-Danang Maharsa di Pilkada Sleman Makin Jadi Kenyataan

"Syukur bisa mengusung nama calon yang sama. Kalau pun tidak, ya yang diusung nanti semoga menjadi figur Jogja yang memang layak memimpin Jogja untuk lebih baik," kata Sinar.

Dia menambhakan, menangnya Partai Gerindra pada kontestasi Pilpres beberapa waktu lalu cukup menaikkan pamor Partai Gerindra. Sinar mengatakan sejauh ini sudah ada beberapa partai yang mendekat ke Gerindra. Awalnya, Gerindra ingin fokus mengusung kader. Namun, di tengah jalan kader tak jadi mencalonkan diri. Dengan demikian, Sinar lantas membuka peluang bagi siapapun untuk bisa maju ke kontestasi Pilkada Kota Jogja.

"Siapapun bakal calon baik dari partai manapun, atau non-partai, Gerindra memberi peluang yang sama. Tergantung nanti saatnya finalisasi," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement