Advertisement

Proses Coklit Pilkada Bantul, Bawaslu Sampaikan Ratusan Saran Perbaikan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 03 Agustus 2024 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Proses Coklit Pilkada Bantul, Bawaslu Sampaikan Ratusan Saran Perbaikan Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul menyampaikan ratusan saran perbaikan selama proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024. Coklit telah dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan selama proses coklit beberapa waktu lalu, Bawaslu Bantul telah memberikan 132 saran perbaikan kepada Pantarlih. Dari jumlah tersebut ada 8 saran perbaikan tertulis dan 124 saran perbaikan lisan.

Advertisement

Dia menuturkan untuk saran perbaikan tertulis mencakup teknis penyelenggaraan coklit. Dalam saran perbaikan tersebut menurutnya ada beberapa prosedur coklit yang tidak sesuai.

"Saran perbaikan [coklit] yang diberikan kepada penyelenggara [Pantarlih] terkait prosedur [coklit] yang tidak tepat, antara lain ada stiker yang di tempel tetapi tanpa diisi [data coklit]," ujarnya, Sabtu (3/8/2024).

BACA JUGA: Kasus Pelecehan di Gunungkidul, Polres Tetapkan Guru Ngaji Jadi Tersangka

Dia menuturkan ada rumah yang telah ditempeli stiker tanda telah dilakukan coklit, padahal di rumah tersebut belum dilakukan coklit. "Coklit [Pantarlih] harus bertemu salah satu pemilih," ujarnya.

Selain itu menurutnya ada pula Pantarlih yang melakukan coklit tanpa meminta dokumen kependudukan pemilih yang bersangkutan.

Menurut Didik, selama proses coklit, Pantarlih wajib melakukan penegakan identitas pemilih dengan mencocokkannya dengan dokumen kependudukan antara lain KTP atau Kartu Keluarga (KK) pemilih yang bersangkutan.

Kemudian, menurut Didik, saran perbaikan lisan diberikan terkait kewajiban Pantarlih menggunakan atribut identitas penyelenggara pemilu selama melakukan coklit.

Dia menuturkan saran-saran tersebut telah dilakukan penyelenggaraan pemilu hingga berakhirnya masa coklit beberapa waktu lalu.

"Pengawas [pilkada] tetap mencatat dalam laporan hasil pengawasan. Semua [saran tertulis dan lisan] sudah dilaksanakan," katanya.

Kepala Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bantul, Arya Syailendra menyampaikan seluruh saran perbaikan tersebut telah dilakukan Pantarlih yang bersangkutan.

"Ya benar [ada beberapa saran perbaikan dari Bawaslu terkait coklit]. Beberapa saran perbaikan dari Bawaslu [Bantul] yang ditemui di lapangan langsung dieksekusi [diperbaiki] sesuai tingkatan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Influencer yang Promosikan Kosmetik Ilegal Bakal Disanksi Tegas

News
| Senin, 30 September 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement