Advertisement

Pemadam Kebakaran Jogja Targetkan Respons Kasus Kasus Hanya 10 Menit

Alfi Annisa Karin
Rabu, 07 Agustus 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Pemadam Kebakaran Jogja Targetkan Respons Kasus Kasus Hanya 10 Menit Petugas pemadam kebakaran yang bersiaga di kompleks Balai Kota Jogja - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja menargetkan waktu respons (response time) kasus kebakaran hanya 10 menit. Berdasarkan catatan ada 49 kasus kebakaran yang ditangani sepanjang tahun 2024.

Sebanyak 35 di antara merupakan kejadian di dalam Kota Jogja. Sementara sisanya, Damkarmat Kota Jogja turut membantu pemadaman di kabupaten lain.

Advertisement

Kepala Dinas Damkarmat Kota Jogja Taokhid menuturkan, jajarannya mampu menindaklanjuti laporan lebih cepat dibanding rata-rata waktu yang ditetapkan secara nasional.

"Response time dari pusat itu standarnya 15 menit. Tahun 2023 kami sudah bisa mencapai 10 menit 30 detik," ujar Taokhid, Rabu (7/8/2024).

Dia menambahkan, catatan response time terbaru Damkarmat Kota Jogja yakni mencapai 9 menit 30 detik. Tak mau berpuas diri, Taokhid menargetkan laporan dapat ditindaklanjuti setidaknya dalam waktu 8 menit.

BACA JUGA: Bima Arya Putuskan Mundur dari Pencalonan di Pilgub Jabar, Ini Alasannya

Dia mengaku optimistis target ini bisa tercapai. Apalagi, berbagai sarana prasarana yang dimiliki Damkarmat juga sudah representatif. Setidaknya ada 10 unit armada, sebanyak 2 diantaranya merupakan armada untuk penyelamatan.

Taokhid menambahkan, 49 kasus kejadian kebakaran disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari korsleting listrik hingga pembakaran sampah.

“Kami terus menghimbau masyarakat untuk lebih teliti, hal-hal kecil saja bisa menjadi hal besar. Misalnya, menyalakan lilin kemudian ditabrak tikus, lilinnya jatuh membakar sekitar. Hal-hal seperti ini harus dihindari,” jelasnya.

Selain kebakaran, Damkarmat Kota Jogja juga telah menangani sebanyak 325 kasus penyelamatan. Diantaranya 181 evakuasi sarang tawon, 26 evakuasi kucing dan piaraan, 52 evakuasi ular dan biawak, pelepasan cincin 51 kasus serta 15 rescue laka air dan darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Belum Setahun Menjabat, Erick Thohir Copot Bayu Krisnamurthi dari Posisi Dirut Bulog

News
| Senin, 09 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement