Advertisement

Mudah Diakses, Peserta JKN Bisa Manfaatkan Fitur di Aplikasi Mobile JKN

Media Digital
Sabtu, 10 Agustus 2024 - 20:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Mudah Diakses, Peserta JKN Bisa Manfaatkan Fitur di Aplikasi Mobile JKN Salah satu peserta BPJS Kesehatan Putri Liasna saat diwawancara beberapa waktu lalu - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—BPJS Kesehatan merupakan badan penyelenggara yang mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan ikut serta menjadi peserta JKN, masyarakat bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan bahkan tanpa biaya. Ini semakin mudah dengan keberadaan Aplikasi Mobile JKN.

Peserta JKN bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Mulai dari pengecekan iuran, pengambilan antrean di fasilitas kesehatan, pengecekan status kepesertaaan, hingga berbagai info terbaru mengenai BPJS Kesehatan bisa diakes melalui Aplikasi Mobile JKN.

Advertisement

Salah satu peserta JKN yang juga pengguna Aplikasi Mobile JKN adalah Putri Liasna. Tak ingat pasti, tapi dia mengaku sudah cukup lama mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, berbagai fitur di dalam aplikasi itu bisa digunakan dengan mudah. Tak pernah ada kendala selama memanfaatkannya. Mengunduhnya pun mudah melalui Google Playstore dan App Store.

"Sejauh ini aman-aman saja, tidak pernah ada kendala," ujarnya.

Putri menyebut selama ini terbantu dengan layanan yang ada di BPJS Kesehatan. Dia merupakan peserta BPJS Kesehatan segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri. Dia terbilang jarang ke rumah sakit ataupun ke puskesmas. Namun, iuran selalu dia bayarkan secara rutin dan tepat waktu. Terakhir, dia menggunakan penjaminan JKN untuk pengobatan matanya.

"Belum lama ini menggunakan BPJS Kesehatan untuk pengobatan mata karena infeksi, ada bakteri di mata," ungkapnya.
Putri merasa tak ada diskriminasi antara peserta JKN maupun yang bukan. Semua layanan diberikan merata dan sesuai standar. Secara biaya, Putri juga tak mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri.
"Sangat membantu, karena semua sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan," tuturnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berwisata di Orbit Bumi, Miliarder Tangan Kanan Elon Musk Ini Akhirnya Berhasil Pulang

News
| Senin, 16 September 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement