Advertisement

Bus Sekolah di Bantul Resmi Beroperasi: Hari Pertama Angkut Kurang dari Lima Siswa

Jumali
Senin, 19 Agustus 2024 - 13:47 WIB
Sunartono
Bus Sekolah di Bantul Resmi Beroperasi: Hari Pertama Angkut Kurang dari Lima Siswa bus sekolah yang terparkir di Terminal bus Palbapang, pada Senin (19/8/2024) pagi - Dishub Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul telah menggelar soft launching bus sekolah, Senin (19/8/2024). Namun, jumlah siswa yang terlayani pada hari pertama pengoperasiolan bus sekolah masih minim.

Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi mengatakan, bus sekolah telah beroperasi sejak Senin (19/8/2024) pukul 06.00 WIB. Bus tersebut menempuh rute dari Terminal Palbapang menuju SMP Negeri 1 Pandak, SMP Negeri 3 Pandak, SMK Cokroaminoto Pandak, SMP Negeri Pajangan dan SD N Sendangsari Pajangan, SMK Negeri 1 Pajangan, SD Negeri Trucuk, SD Negeri Sungapan, SD Negeri Sukoharjo, SD Negeri Krapyak dan berakhir di SD Negeri 1 Sedayu.

Advertisement

BACA JUGA : Bus Sekolah Mulai Beroperasi Juni 2024 di Bantul, Ini Persiapannya

"Dan, dari evaluasi, ternyata penumpangnya tadi pagi masih minimal. Kurang dari lima anak," kata Singgih, Senin (19/8/2024).

Oleh karena itu, Singgih mengaku pada pekan ini, Dishub Bantul akan mengundang sekolah yang dilalui oleh bus sekolah. Diharapkan, dalam pertemuan tersebut didapatkan penyebab kenapa jumlah siswa yang menggunakan bus sekolah masih minimal.

"Apakah belum terinfokan ke siswa dan wali murid. Karena, kemarin kan sekolah-sekolah sudah menyatakan siap untuk menyebarluaskan informasi ini ke seluruh siswanya," katanya.

Singgih mengaku Dishub juga akan berkoordinasi dengan Disdikpora Kabupaten Bantul agar keberadaan bus sekolah bisa dioptimalkan untuk mengangkut siswa sekolah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. "Nanti akan kami koordinasikan lebih lanjut. Harapannya, nantinya ada peningkatan jumlah siswa yang menggunakan bus sekolah," harap Singgih.

BACA JUGA : Siswi SMAN 1 Wonogiri Meninggal Dunia, Jatuh Saat Menumpang Bus Berangkat ke Sekolah

Singgih mengungkapkan, dua bus sekolah yang dioperasionalkan merupakan  bantuan dari Kementerian Perhubungan. Satu armada bus berwarna putih dan satu bus berwarna kuning dengan kapasitas 25 tempat duduk tersebut juga telah diuji rute.  "Satu bus operasional sebelum jam masuk sekolah dan satu bus dioperasionalkan sebelum pulang sekolah," ucap Singgih.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Toto Pamudji Rahardjo menambahkan, layanan bus sekolah gratis. Sebelum dioperasionalkan, keberadaan bus sekolah telah disosialisasikan kepada sekolah yang akan dilewati. "Uji rute juga telah dilakukan. Kami harapkan keberadaan bus ini bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar," katanya.

Kepala Bidang SMP Disdikpora Bantul Retno Yuli Astuti mengapresiasi langkah dari Dishub Bantul terkait pengoperasionalan dua armada bus sekolah. "Karena tujuan dari bus sekolah adalah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak sekolah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement