Advertisement

Tinggalkan Halim dan Pilih Joko Purnomo pada Pilkada Bantul, Ternyata Ini Alasan Rony Wijaya

Jumali
Kamis, 22 Agustus 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Tinggalkan Halim dan Pilih Joko Purnomo pada Pilkada Bantul, Ternyata Ini Alasan Rony Wijaya Rony Wijaya Indra Gunawan (tengah) bersama dengan Sekretaris DPC PDIP Bantul Hanung Raharjo dan Ketua Bapilu DPC PDIP Bantul Rajut S - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ketua DPC Partai Demokrat Bantul yang juga bakal calon wakil bupati Bantul, Rony Wijaya Indra Gunawan akhirnya membeberkan alasanya untuk meninggalkan Abdul Halim Muslih dan lebih memilih sebagai bakal calon Wakil Bupati Bantul pasangan Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Budi Purnomo pada Pilkada Bantul 2024.

Diketahui sebelumnya, Rony telah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat untuk menjadi calon wakil bupati Bantul mendampingi bakal calon bupati Bantul yang juga ketua DPC PKB Bantul, Abdul Halim Muslih.

Advertisement

"Ya, komunikasi politik ya, kami ambil mana yang cepat. Karena, biasa karena orang ekonomi ya, sat set, kan Mas.  Walaupun tetap dengan memperhitungkan kekuatan," kata Rony, Kamis (22/8/2024).

Rony menceritakan jika sebelumnya, dia dan partai memang menjalin kesepakatan dengan PKB serta Abdul Halim Muslih untuk maju pada Pilkada Bantul 2024. Bahkan, DPP Partai Demokrat telah mengeluarkan surat rekomendasi yang berisi Rony mendampingi bakal calon bupati dari PKB, Abdul Halim Muslih.

"Tetapi, kita tahu sendiri, kemarin seperti apa dengan PKB. PKB ternyata mengingkari MoU yang telah kita sepakati. Karena dalam hal ini, kita pegang muruah partai. ya, tentunya kita punya kans untuk maju," ungkap Rony.

"Karena ketidakjelasan MoU kemarin, sehingga kami merapat untuk berkomunikasi.”

Rony menambahkan, setelah pengumuman paslon dari DPP PDIP, dirinya yang saat ini di Jakarta akan langsung ke DPP Partai Demokrat untuk mengurus perubahan rekomendasi pasangan calon.

Jika sebelumnya, Rony berpasangan dengan calon bupati Abdul Halim Muslih, maka akan diubah menjadi Rony sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi bakal calon PDIP, Joko Budi Purnomo. "Setelah ini langsung ke DPP. Berkas untuk pendaftaran juga sudah saya siapkan. Tinggal urus rekomendasi dari DPP,"  ucap Rony.

BACA JUGA: DPP PDIP Resmi Beri Rekomendasi ke Joko Purnomo-Rony

Sementara, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Bantul, Rajut Sukasworo usai pengumuman dari DPP, pihaknya akan langsung berkonsolidasi antara PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. "Dan, rekomendasi dari DPP Demokrat hari ini juga akan keluar," kata Rajut.

Setelah itu, Rajut mengaku PDIP akan berkomunikasi dengan partai politik lainnya yang bersedia bekerja sama dengan PDI Perjuangan dan Partai Demokrat untuk memenangkan paslon Joko Purnomo dan Rony Wijaya. "Untuk partainya apa, nanti akan kami umumkan dalam waktu dekat," ucap Rajut.

Terpisah, Sekretaris DPC PKB Bantul yang juga ketua tim 9 PKB Bantul Subhan Nawwawi memilih irit bicara. "Ya, saya hormati keputusan dari pak Rony," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement