Advertisement

PKB dan PDIP Minta Dibukakan Akses Silon, Pasangan Joni dan Haris Daftar ke KPU Hari Rabu

Jumali
Selasa, 27 Agustus 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
PKB dan PDIP Minta Dibukakan Akses Silon, Pasangan Joni dan Haris Daftar ke KPU Hari Rabu Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dua bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah, yakni Joko Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan (Joni) dan Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta (Haris) kemungkinan besar mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu (28/8/2024).

Hal ini menyusul telah dimintanya akses untuk pengisian Sistem Informasi Pencalonan Kepala Daerah (Silon Kada) dari dua partai yang mengusung kedua bakal paslon tersebut ke KPU Bantul.

Advertisement

Kepala Divisi Teknis KPU Bantul Mestri Widodo mengatakan, sampai Selasa (27/8/2024)  KPU Bantul belum mendapatkan surat pemberitahuan terkait dengan waktu pendaftaran dari dua bakal paslon.

Akan tetapi, Mestri mengakui jika hari ini telah  mendapatkan permintaan dari PKB [pasangan Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta] dan PDIP [Joko Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan] untuk membuka akses untuk mengisi Silon Kada.

Sebab, sesuai aturan yang ada, pada Pilkada 2024, ada kewajiban dari bakal calon yang hendak mendaftar diharuskan untuk mengakses Silon Kada.

BACA JUGA: Pilkada 2024, Pasangan Halim-Aris Daftar ke KPU Bantul Secepatnya

"Jadi salah satu syarat dalam pendaftaran tersebut adalah pencocokan syarat pencalonan on file apa yang diunggah di Silon. Selain itu pencocokan syarat calon baik untuk calon bupati maupun wakil bupati oleh admin Silon yang sudah kami cek dan ricek," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (27/8/2024).

Nantinya, cek dan ricek yang dilakukan oleh KPU, lanjut Mestri adalah persetujuan dari partai tingkat pusat terhadap paslon yang akan didaftarkan. Setelah dibukakan akses Silon, nantinya pihak dari kedua bakal paslon akan melakukan rapat internal untuk menentukan jam pendaftaran. 

"Nanti malam akan mengirim surat untuk memberitahukan untuk mendaftarkan diri pada Rabu (28/8/2024). Kalau jamnya kami belum mendapatkan kepastian jamnya," papar Mestri.

Menurut Mestri, perwakilan dari PKB dan PDIP pada Selasa (27/8/2024) pagi juga sudah datang ke kantor KPU Bantul dan dilayani oleh Help Desk untuk membuka akses Silon. "Ya kalau sudah siap di hari Rabu, ya kami siapkan," jelas Mestri.

Mestri berharap agar jika kedua paslon jadi mendaftarkan diri pada Rabu (28/8/2024) tidak akan ada berkas yang harus dilengkapi lagi. Sehingga dari KPU tinggal memberikan tanda terima, bukan tanda pengembalian untuk melengkapi persyaratan yang ada.

"Dan, sejauh ini baru dua partai tersebut yang telah meminta pasword dan akses untuk mengisi Silon," papar Mestri.
Sementara informasi yang didapatkan Harian Jogja, pendaftaran dua bakal paslon akan dilakukan pada Rabu (27/8/2024). Bakal paslon

Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta akan mendaftar lebih awal, setelah itu diikuti oleh bakal paslon Joko Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan ke KPU Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! DPR Sahkan RUU Kementerian Negara jadi Undang-undang

News
| Kamis, 19 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement