Advertisement

Kejutan di Pilkada Kulonprogo! Ada Pasangan Baru Mendaftar ke KPU, Agung-Ambar

Triyo Handoko
Rabu, 28 Agustus 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Kejutan di Pilkada Kulonprogo! Ada Pasangan Baru Mendaftar ke KPU, Agung-Ambar Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kabar mengejutkan datang dari dinamika Pilkada Kulonprogo 2024 dengan munculnya pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati baru. Pasangan calon ini adalah Agung Setyawan dan Ambar Purwoko yang dijadwalkan mendaftar sebagai peserta Pilkada ke KPU Kulonprogo pada Kamis (29/8/2024) besok.

Pasangan Agung-Ambar disokong oleh 12 partai politik. Namun partai parlemen yang menyusunya sebanyak tiga, yaitu Golkar, PAN dan PPP. Sedangkan partai non-parlemen yang mengusung pasangan ini sebanyak sembilan partai.

Advertisement

Ketua DPD Golkar Kulonprogo, Suharto menjelaskan pada Rabu (28/8/2024) bahwa pasangan Agung-Ambar sudah mendapat surat penunjukan untuk dapat mencalonkan. "Sudah dapat dari Golkar, PAN, dan PPP yang memiliki kursi di DPRD Kulonprogo," terangnya.

Suharto menyebut pasangan ini jadi kejutan supaya dapat memberikan pilihan lebih luas lagi bagi masyarakat Kulonprogo dalam Pilkada 2024 ini. "Supaya masyarakat punya pilihan yang lebih beragam, dan kami yakin sosok pasangan ini cocok untuk masyarakat," paparnya.

BACA JUGA: Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Kulonprogo Masih Sepi, Novida-Rini Masih Rembukan

Penunjukan Agung-Ambar, jelas Suharto, dilakukan langsung oleh DPP Golkar. Agung merupakan pengusaha di Bumi Binangun yang juga Ketua Gabungan Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) Kulonprogo. Ambar juga merupakan sosok pengusaha juga.

Sementara itu Ketua DPC PPP Kulonprogo, Zuharsono Azhari membenarkan partainya mendukung pasangan Agung-Ambar dalam Pilkada ini. "Surat rekom sudah turun untuk pasangan ini, sehingga kami akan memenangkan semaksimal mungkin," ungkapnya.

Zuharsono menyebut pilihan atas pasangan Agung-Ambar diambil oleh pengurus pusat partainya. Ia menyebut pendaftaran calon Pilkada ini juga akan dilakukan pada Kamis besok. 

Pasangan Agung-Ambar, jelas Zuharsono, juga sudah memenuhi persyaratan yang ada sebagai peserta Pilkada Kulonprogo 2024. "Sehingga akar rumput PPP di Kulonprogo kami pastikan solid mendukung pasangan ini," tandasnya.

Sebagaimana diketahui pasangan ini sebelumnya tidak pernah terdengar dan tidak menjadi pertimbangan partai politik untuk diusung di Pilkada Kulonprogo. Yang santer maju selama ini hanya Novida Kartika dari PDIP dan Marija dari Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Molen Tersangkut Jembatan Kereta Api di Jakarta Timur, Begini Penampakannya

News
| Sabtu, 14 September 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement