Advertisement

Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Kulonprogo Masih Sepi, Novida-Rini Masih Rembukan

Triyo Handoko
Selasa, 27 Agustus 2024 - 19:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Kulonprogo Masih Sepi, Novida-Rini Masih Rembukan Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hari pertama pendaftaran peserta Pilkada di KPU Kulonprogo pada Selasa (27/8/2024) masih sepi. Tak ada kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar.

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menyebut memang belum ada kandidat Pilkada yang mendaftar pada hari Senin. "Memang tidak ada yang mendaftar pada hari ini, jika ada yang mendaftar kami akan tahu duluan," katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Pendaftaran dan Penetapan Calon Kepala Daerah, Masa Kampanye Hingga Pencoblosan Pilkada 2024

Pasangan calon Pilkada Kulonprogo, jelas Budi, mesti bersurat terlebih dahulu untuk mendaftar. "Sementar sampai Senin sore ini kami belum menerima surat permohonan pendaftaran," katanya.

Surat pendaftaran wajib dikirimkan sebelum datang ke KPU Kulonprogo bagi kandidat, lanjut Budi, supaya mengantisipasi adanya pasangan yang bareng daftarnya. "Secara kesiapan juga agar lebih matang, terutama soal keamanan agar lebih kondusif sehingga harus bersurat dulu," ujarnya.

Budi menerangkan pendaftaran peserta Pilkada pada hari pertama dan kedua akan dilayani sampai pukul 14.00 WIB. Sedangkan pada hari terakhir layanan pendaftaran akan dibuka sampai 23.59 WIB.

Kemungkinan perpanjangan masa pendaftaran peserta Pilkada, sambung Budi, bisa terjadi hanya jika ada satu pasangan kandidat yang mendaftar saja.

"Kalau hanya satu pasangan yang mendaftar hingga Kamis (29/8/2024) besok maka akan diperpanjang sesuai peraturan yang ada," paparnya.

Sementara itu calon bupati yang diusung PDIP pada Pilkada Kulonprogo, Novida Kartika Hadhi menyebut dirinya akan mendaftar pada Rabu atau Kamis besok.

"Masih dirembug waktu yang tepatnya, yang jelas kami sudah memenuhi syarat pendaftarannya, antara Rabu atau Kamis" katanya.

Novida berpasangan dengan Rini Indriani sebagai calon wakil bupatinya menyebut sudah mengantongi rekomendasi pencalonan dari dua partai, yaitu PDIP dan PKS. "Untuk surat keputusan pencalonan dari PKS akan kami ambil hari ini," ujarnya.

Mantan anggota DPRD DIY Fraksi PDIP ini menyebut terdapat kemungkinan partai lain yang akan mengusungnya. "Koalisi di Kulonprogo ini masih cair dan dinamis, dilihat saja nanti siapa saja pengusungnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa di Bandung Menyebabkan Sejumlah Kerusakan, Berikut Sejumlah Video yang Tersebar di Medsos

News
| Rabu, 18 September 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement