Advertisement

3 Kandidat Pilkada Kulonprogo Kompak Daftar di Hari Terakhir

Triyo Handoko
Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
3 Kandidat Pilkada Kulonprogo Kompak Daftar di Hari Terakhir Suasana Kantor KPU Kulonprogo yang dijaga personel Polres untuk memastikan keamnan selama proses pendaftaran Pilkada 2024. - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Kulonprogo 2024 kompak mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8/2024) besok. KPU Kulonprogo yang akan menerima pendaftaran tiga pasang kandidat Pilkada ini sudah berkoordinasi dengan mereka.

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana menjelaskan ketiga pasang kandidat Pilkada 2024 ini adalah Novida Kartika Hadhi dan Rini Indriani; Marija dan Yusron Martofa; serta Agung Setyawan dan Ambar Purwoko. "Semuanya sudah berkoordinasi untuk pasangan Novida-Rini sudah bersurat dengan kami. Sedangkan Marija-Yusron dan Agung-Ambar baru sekadar komunikasi," kata dia, Rabu (28/8/2024).

Advertisement

Budi menjelaskan meskipun mendaftar pada hari yang sama tiga pasangan calon Pilkada ini dipastikan masuk ke Kantor KPU Kulonprogo pada pukul yang berbeda.

Dia menjelaskan pasangan Marija-Yusron rencananya mendaftar pada pukul 10.00 WIB, lalu Novida-Rini pada pukul 14.00 WIB, terakhir Agung-Ambar akan maju pada pukul 21.00 WIB.

Persiapan sudah dilakukan KPU Kulonprogo, jelas Budi, untuk pendaftaran tiga pasangan ini. Dia menyebut KPU sudah melakukan gladi bersih dan diketahui waktu yang diperlukan selama proses pendaftaran untuk setiap calon sekitar dua jam.

Estimasi waktu itu memastikan, lanjut Budi, tidak ada tabrakan masa pendaftaran bagi tiga pasang kandidat. KPU Kulonprogo juga membatasi jumlah rombongan masing-masing pendaftar Pilkada sebesar maksimal 100 orang.

Pembatasan dilakukan karena luas area KPU Kulonprogo terbatas. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres, Kodim, dan Satpol PP Kulonprogo dalam pengamanan pendaftaran ini, dipastikan semuanya aman dan lancar," tandasnya.

Sementara itu, Novida membenarkan bahwa waktu pendaftarannya dilakukan pada Kamis siang. Dia menjelaskan sebelum mendaftar akan dilakukan deklarasi di Kapanewon Samigaluh.

BACA JUGA: Kejutan di Pilkada Kulonprogo! Ada Pasangan Baru Mendaftar ke KPU, Agung-Ambar

Sedangkan Ketua DPC Gerindra Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono menyebut saat pendaftaran pasangan Marija-Yusron akan dimeriahkan dengan pawai rombongan. "Kami mulai dari Kantor DPC Gerindra lalu nanti menuju Kantor KPU," paparnya.

Selanjutnya, Ketua DPD Golkar Kulonprogo, Suharto menyebut partainya akan mendaftarkan Agung-Ambar dengan dukungan partai lain juga. "Semua persiapan pendaftaran masih dibahas bersama, kalau syarat semuanya sudah lengkap," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement