Advertisement

Dongkrak Kunjungan Wisata, Dinpar Bantul Bikin Festival 1001 Lampion Terbang

Jumali
Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Dongkrak Kunjungan Wisata, Dinpar Bantul Bikin Festival 1001 Lampion Terbang Festival lampion - Foto dibuat oleh AI - StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mengelar dua kegiatan yakni Festival 1001 lampion terbang 2024, Sabtu (7/9/2024) dan Simfoni Gumuk Pasir, Sabtu (14/9/2024) di Laguna view Depok.

Diharapkan keberadaan dua event tersebut tidak hanya meningkatkan citra positif wisata pesisir di Kabupaten Bantul, tapi juga meningkatkan kesadaran terkait potensi wisata dan juga meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul.

Advertisement

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Kabupaten Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, meski tidak menargetkan berapa jumlah pengunjung pada dua kegiatan tersebut. Akan tetapi, diharapkan, ada peningkatan jumlah kunjungan yang signifikan pada kegiatan tersebut.

"Jika di hari Sabtu biasanya angka pengunjung 6.000 pengunjung. Maka kami harapkan saat ada event tersebut bisa mencapai 10.000 pengunjung. Meskipun secara umum dan angka, kami tidak ada target khusus," katanya di Kantor Dispar Bantul, Kamis (29/8/2024).

Perwakilan mitra event Festival 1001 lampion terbang 2024, Rahmad mengatakan awalnya kegiatan tersebut akan digelar di gumuk pasir. Namun dengan sejumlah pertimbangan, maka kegiatan digelar di Laguna View Depok.

"Acara sendiri digelar mulai pukul 17.00 WIB, sampai puncaknya sekitar pukul 22.30 WIB," katanya.

BACA JUGA: Ojol Jogja Demo Minta Pemerintah Sesuaikan Tarif Layanan

Sejauh ini, lanjut dia, animo dari peserta event cukup tinggi. Sebab, tercatat sudah ada 5.000 peserta yang membeli tiket acara. Adapun rata-rata peserta kegiatan tersebut lebih banyak berasal dari luar DIY.

"Untuk harga tiket, saat ini sudah memasuki presale ketiga. Ada tiga varian tiket yang kami jual yakni untuk menonton saja Rp125.000 perorang. Paket couple senilai Rp350.000 dan paket lima orang satu lampion senilai Rp600.000. Dan semua kami jual via website www.vestifallampion.com," katanya.

Menurut Rahmad, kegiatan festival lampion tidak hanya menghadirkan kegiatan penerbangan lampion. Sebab, ada sejumlah pertunjukan seni dan budaya serta pasar malam dan kuliner.

Di tempat yang sama, mitra event kegiatan Simfoni Gumuk Pasir, Eko Sutarmo mengungkapkan kegiatan musik yang dihelat saat senja digelar Sabtu (14/9/2024) mulai pukul 15.00 WIB di Laguna View Depok.

"Kegiatan ini adalah sebuah repertoar musik-musik yang dibalut dengan unsur orkestra dari musisi daerah yakni SMM Orchestra. Untuk bintang tamu nasional yang hadir ada Bilal Indrajaya, seorang penyanyi dan penulis lagu asal Jakarta yang dikenal dengan gaya musik old soul-nya yang melankolis," kata Eko.

Bersama dengan pemusik lainnya, lanjut Eko, Bilal berkolaborasi dengan Fleur!, grup musik trio wanita, yang mendaur ulang lagu karya Ismail Marzuki, berjudul Juwita Malam, yang juga dibintangi video klipnya oleh Pritt Timothy, Bagus Ade, dan Jeanneta Sanfadelia.

"Jadi nanti Bilal akan selama sejam pada kegiatan ini. Adapun untuk harga tiket ada dua varian yakni presale senilai Rp80.000 dan reguler Rp100.000," ucap Eko.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement