Advertisement

Polres Bantul Gelar Pameran Seni di PSG Bantul

Jumali
Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Polres Bantul Gelar Pameran Seni di PSG Bantul Ilustrasi PSG. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul kembali menggelar pameran seni bertajuk Art Exhibition Pangarep. Pameran yang digelar 31 Agustus sampai dengan 5 September 2024 di Pasar Seni Gabusan Bantul ini, akan menggandeng seniman dari Bantul, Sleman, Kulonprogo dan Gunung Kidul, mahasiswa seni serta anggota Polri.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan kegiatan pameran terbagi menjadi tiga, yakni pameran seni rupa yang menampilkan karya-karya seniman, mahasiswa, dan anggota polisi, lomba mural di tembok keliling Pasar Seni Gabusan dengan tema Pilkada Aman, Penak Golek Pangan, serta hiburan musik dengan menampilkan musisi jalanan (pengamen lampu merah) dan anggota polisi.

Advertisement

“Melalui pameran ini dapat menjadi ruang bagi personel Polri dan juga seniman dalam menyalurkan bakat maupun berkomunikasi melalui visual,” kata Michael dalam keterangan tertulis, Kamis (29/8/2024).

Pameran seni ini juga merupakan salah satu upaya Polres Bantul dalam pola gerak aktivitasnya dengan mengedepankan segala sesuatu yang bersifat budaya untuk menjadi polisi yang mbudaya (polisi yang berbudaya).

“Harapannya bukan sekadar formalitas dan seremonial, tetapi jauh lebih memiliki nyata dan bermakna,” kata dia.

Pameran ini, kata Michael, sebagai upaya cooling system (pendingin) Pilkada 2024 di Kabupaten Bantul. Implementasi cooling system dijalankan dengan mengalihkan fokus perhatian masyarakat bukan hanya kepada persoalan politik semata. Melainkan juga pada aktivitas lainnya, salah satunya pameran dan pertunjukan seni.

“Tujuannya untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen bangsa sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali,” katanya.

BACA JUGA: PDIP Dikabarkan Usung Anies Baswedan untuk Pilkada Jawa Barat, Ini Kata Puan Maharani

Ia menambahkan, pengambilan nama Pangarep dalam rangka menyambut pemimpin bangsa dan juga daerah, salah satunya di daerah Kabupaten Bantul.

 “Pangarep dari kata Ngarêp (harêp) dalam bahasa Jawa memiliki dua arti ngarêp: "depan", mengarep (mêng: kê; [h]arêp: dêpan) ngarêp: berharap akan. Bila digabungkan dapan menjadi suatu harapan terhadap pemimpin yang dipilih dan terpilih,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas menjelang pilkada sebagai upaya menyukseskan pesta demokrasi yang diagendakan pada 27 November 2024 mendatang. Menurutnya, tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab bersama.

"Seluruh elemen masyarakat wajib andil dalam memelihara ketenteraman di lingkungannya masing-masing khususnya jelang Pilkada 2024," katanya.

Polres Bantul telah mengadakan pameran dengan menampilkan karya seni para seniman dan anggota Polri dalam pameran seni Bentang Harmoni pada awal Juli 2024 yang menjadi bukti hadirnya keindahan sekaligus kebersamaan anggota Polri bersama para pelaku seni dan juga masyarakat yang hadir di Satpas Polres Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement