Advertisement

SiBakul Sport Fest 2024, Menaikkelaskan UMKM di DIY lewat Lomba Lari

Media Digital
Minggu, 01 September 2024 - 13:57 WIB
Arief Junianto
SiBakul Sport Fest 2024, Menaikkelaskan UMKM di DIY lewat Lomba Lari Para peserta SiBakul Sport Fest 2024 bersiap di garis start, Minggu (1/9/2024). - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi dan UKM DIY kembali menggelar kegiatan SiBakul Sport Fest di Stadion Mandala Krida, Minggu (1/9/2024). Ini merupakan kompetisi lari berjarak 5 km dan 10 km yang diikuti oleh 4.000 pelari dari berbagai daerah.

Ribuan pelari itu mulai berkumpul di Stadion Mandala Krida sejak pukul 04.30 WIB. Tepat pukul 05.30 WIB para pelari jarak 5 km mulai diberangkatkan. Selang 15 menit setelahnya, giliran pelari 10 km juga mulai berlari.

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan HB X turut melepas keberangkatan para pelari secara resmi dengan melakukan flag off. Tak lupa dia juga berpesan untuk para pelari untuk senantiasa berhati-hati.

“Saya mohon hati-hati di jalan karena juga agak siang nanti jalan makin ramai karena ini weekend. Semoga sukses,” ungkap Ngarsa Dalem sesaat sebelum memberangkatkan ribuan pelari itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menuturkan kegiatan SiBakul Sport Fest digelar dalam rangka memperingati 12 Tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY.

Menurutnya, kegiatan ini cukup menarik antusias masyarakat. Dia menargetkan bisa menghadirkan 3.000 pelari. Tetapi, pada pelaksanaannya peserta mencapai 4.000 pelari.

Siwi mengatakan pihaknya turut menggandeng ratusan pelaku UMKM kuliner. Srie menyebut SiBakul Sport Fest ini menjadi upaya untuk turut melakukan promosi sekaligus menaikkelaskan UMKM yang ada di DIY.

Dia sengaja mengolaborasikan event kompetisi lari dengan UMKM. Ini dilakukan untuk mempertemukan antara pelari sebagai konsumen dan pelaku UMKM sebagai produsen, sehingga sama-sama bisa memberikan feed back antara keduanya.

“Di dalam proses menaikkelaskan UMKM kan pastinya kita harus merajut semuanya, kolaborasi. Tidak hanya sekedar pameran, tapi bagaimana membuat traffic pengunjung itu hadir,” kata Siwi saat ditemui di Stadion Mandala Krida, Minggu.

SiBakul Sport Fest juga menjadi upaya edukasi bagi para pelaku UMKM untuk mengetahui bagaimana pola pasar yang ada di DIY. Ini juga turut menjadi ajang bagi Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk melakukan analisa terhadap produk yang pas pada suatu event tertentu.

“Kami merajut dari tourism, budaya. Seperti hari ini adalah para runner, paling banyak yang dibutuhkan adalah food. Nanti ada event apalagi, disesuaikan produknya,” tuturnya.

SiBakul Sport Fest tak hanya berhenti pada kegiatan kompetisi lari saja. Siwi mengatakan ke depan pihaknya juga akan merambah dan mengolaborasikan pameran UMKM SiBakul dengan berbagai kegiatan sport tourism lainnya.

“Ke depan pastinya dinamika, adaptasi dilakukan. Bagaimana kebijakan program mengikuti perkembangan. Kita lihat pasar baru mengarah ke mana, ini kita ikuti. Kita masuk di dalam produk UMKM,” ungkapnya.

Kompetisi lari ini dimeriahkan penampilan penyanyi terkenal Happy Asmara yang menghibur pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Semifinal Sepak Bola Putra PON XXI: Jabar Melaju ke Final Usai Kalahkan Kalsel Lewat Drama Adu Penalti

News
| Senin, 16 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement