Advertisement

Klarifikasi Keabsahan Dokumen dalam Pilkada Bantul Dijadwalkan Dua Hari

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 03 September 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Klarifikasi Keabsahan Dokumen dalam Pilkada Bantul Dijadwalkan Dua Hari Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul segera klarifikasi keabsahan dokumen pencalonan kepala daerahd alam Pilkada 2024. Klarifikasi keabsahan dokumen tersebut dijadwalkan dilakukan pada 5-6 September 2024.

Ketua KPU Bantul Joko Santosa menyampaikan pihaknya melakukan verifikasi kelengkapan bakal calon kepala daerah di Bantul ke dinas terkait. Dia menuturkan verifikasi tersebut dilakukan untuk memastikan keabsahan dokumen yang menjadi syarat pencalonan.

Advertisement

KPU Bantul saat ini, menurut dia, tengah memeriksa keabsahan seluruh dokumen yang diajukan sebagai syarat pencalonan kepala daerah. Dalam tahap tersebut, KPU Bantul dilakukan juga pencocokan nama di sejumlah dokumen, antara lain KTP dan ijazah.

BACA JUGA: Sempat Ada Suspek JE di Kota Jogja, Dinkes Gencarkan Vaksinasi

Klarifikasi dokumen akan dilakukan apabila ada keraguan dalam keabsahannya. "Dokumen yang disyaratkan dalam pencalonan, jika ada keraguan. [KPU Bantul akan] klarifikasi kebenaran dokumen itu ke dinas yang mengeluarkan," ujarnya, Selasa (3/9/2024).

Joko mengaku dalam tahap tersebut, ada dokumen calon-calon kepala daerah yang telah diajukan ke KPU Bantul akan diklarifikasi. Meski begitu, Joko tidak menyebutkan jenis dokumennya. "Kami tidak bisa mengumumkan karena [tahap] klarifikasi administrasi," ujarnya.

Dia menuturkan tahap klarifikasi dokumen dilakukan pada 29 Agustus-4 September 2024. Kemudian hasilnya akan disampaikan ke pasangan calon kepada daerah pada 5-6 September 2024. Pasangan calon kepala daerah melakukan perbaikan dokumen pada 6-8 September 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement