Advertisement

Gamaforce Bidik Kemenangan di 2 Ajang Kontes Robot Terbang dan Pesawat Nirawak Internasional

Media Digital
Kamis, 05 September 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Gamaforce Bidik Kemenangan di 2 Ajang Kontes Robot Terbang dan Pesawat Nirawak Internasional Suasana peluncuran enam wahana ciptaan Tim Gamaforce UGM untuk mengikuti kompetisi Teknofest Fighter UAV Competition 2024, Turki dan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Kamis (5/9/2024). - Catur Dwi Janati 

Advertisement

SLEMAN—Tim Gamaforce (Gadjah Mada Flying Object Research Center) UGM resmi meluncurkan enam wahana ciptaan mereka untuk mengikuti kompetisi kancah nasional maupun internasional.

Punya riwayat mentereng sebagai juara ketiga di Teknofest Fighter UAV Competition 2024, Turki dan juara umum di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Tim Gamaforce bertekad meraih kemenangannya kembali di tahun ini. 

Advertisement

Technical Lead Gamaforce, Satria Wildan Kurniawan menerangkan ada ada dua kompetisi yang bakal diikuti Gamaforce pada September ini.

Dari enam wahana yang diluncurkan, lima di antaranya akan berlaga di KRTI 2024 sedangkan wahana lainnya akan bertarung dengan pesawat tanpa awak lainnya di Turki.  "Satu wahana diluncurkan untuk mengikuti Teknofest Fighter UAV Competition di Turkey, kami menjadi satu-satunya tim Indonesia yang mengikuti kompetisi itu," kata Satria, Kamis (5/9/2024).

Pesawat nirawak yang akan dibawa Gamaforce ke Bursa Yunuseli Airport, Turki adalah Ashwincarra. Pesawat tanpa awak atau UAV berjenis Fixed Wing ini memiliki misi berupa loitering dan dropping payload di suatu titik secara fully autonomous

"Kami mengambil ini misi ini karena kami yakin untuk menjuarai misi ini, karena ini misi yang paling sudah dan paling bergengsi di sana," terangnya. 

Dalam kejuaraan Teknofest Fighter UAV Competition di Turki, Gamaforce punya riwayat juara. Pada 2019, Gamaforce berhasil menyabet Juara III, mengalahkan kontestan dari banyak negara. 

Sementara di KRTI, UGM jelas jadi jawara paling diperhitungkan. UGM tercatat sebanyak tujuh kali keluar sebagai juara umum dalam KRTI, termasuk pada gelaran terakhirnya di 2023.

Sebagai juara bertahan, Gamaforce akan membawa Rasayana, Fiachra Aeromapper, Gadjah Mada Fighting Copter (GMFC), Khageswara, dan Virachakra untuk mempertahankan gelar juara di KRTI.

Berbekal berbagai perkembangan dinamis pada setiap wahana, Gamaforce optimistis bisa keluar sebagai juara dalam Teknofest Fighter UAV Competition 2024, Turki maupun di KRTI 2024. "Kami dinamis mengikuti rules yang ada, kami membidik untuk mendapatkan juara umum lagi dan dapat menjuari kompetisi di Turki," tegasnya. 

Dosen Pembimbing Gamaforce, Gesang Nugroho mengungkapkan semenjak mengikuti KRTI, Gamaforce telah tujuh kali keluar sebagai juara umum. Prestasi ini menurut Gesang sangat membanggakan sebagai kampus yang tak memiliki jurusan penerbangan.

"Jadi ini prestasi yang sangat membanggakan meskipun UGM tidak punya jurusan penerbangan tapi Gamaforce boleh dikatakan paling kuat di Indonesia," ujar dia. 

Gesang juga berharap Gamaforce mampu meraih prestasi terbaik di Teknofest Fighter UAV Competition 2024, Turki. Kendati pernah keluar sebagai juara ketiga, Gamaforce membidik prestasi lebih baik tahun ini.  "Untuk tim internasional yang mengikuti kompetisi robot terbang di Turki bisa memperoleh prestasi yang lebih bagus.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Koordinasi KPK Soal Pemberantasan Korupsi dengan Menko Polhukam Berjalan Baik

News
| Senin, 16 September 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement