Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 07 September 2024 - 20:57 WIB
Sunartono
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja Foto ilustrasi Roti Sisir. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terkenal dengan kesederhanaannya, roti sisi ternyata sudah ada sejak tahun 1955. Roti jenis ini menjelma menjadi ikon oleh-oleh, yang semakin beragam dengan berbagai varian rasa.

Dalam beberapa versi informasi, roti sisir berasal dari bakery legendaris bernama Matahari di Pasuruan, Jawa Timur. Produsennya pasangan suami istri bernama Jacobus Laksmana atau Kwe Kho Liong dan Maria Wurilatsih. Bisnis roti sisir ini semakin berkembang setelah lima tahun berjualan.

Advertisement

Saat berkunjung ke Pasuruan, roti sisir terutama yang varian roombutter, sering menjadi oleh-oleh khas. Seperti banyak penamaan makanan di Indonesia lainnya, roti sisir muncul lantaran bentuk rotinya mirip dengan sisir. Adonan roti dibuat pipih memanjang, kemudian dijajarkan memanjang membentuk loaf. Sekilas, roti sisir mirip roti tawar. Namun secara rasa, roti sisir masuk golongan yang manis. Di setiap sisi roti, terdapat olesan mentega dengan sedikit gula.

Sudah ada sejak 1955, roti sisir tetap bertahan sampai hari ini. Banyak produsen berinovasi, dan menciptakan varian rasa khasnya masing-masing. Roti sisir juga tersedia di Jogja, berikut tiga di antaranya.

Hikaru Bakehouse

Di Hikaru Bakehouse, banyak pilihan roti jadul. Salah satu andalannya roti sisir. Pilihan rasanya ada yang original butter, ceres, abon ayam, hingga ceres keju. Harga per porsinya mulai dari Rp10.000.

Di samping roti sisir klasik, Hikaru Bakehouse juga menyediakan roti sisir dengan adonan berbahan labu kuning kabocha. Tekstur roti sisir kabocha terkesan lembut, dengan sensasi rasa manis. Lokasi Hikaru Bakehouse berada di seberang Hotel Porta, di Jalan Colombo Nomor 4, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai dari 07.00 hingga 21.00 WIB.

Roti Sisir Bantul

Bagi masyarakat Jogja bagian Selatan, maka Roti Sisir Bantul bisa menjadi persinggahan untuk makan. Ada roti sisir reguler dan bakar. Terdapat pilihan rasa original, cokelat keju, keju, meses cokelat, abon, dan butter cream. Harga per satunya mulai Rp7.000.

Apabila belum puas dengan roti sisir, pengunjung juga bisa menjajal roti sobek aneka rasa dan roti tawar susu premium. Roti Sisir Bantul beralamat di Jalan Jend. A. Yani, Pedak, Bantul Wr., Bantul, Bantul. Jam operasionalnya mulai dari 08.00 hingga 17.00 WIB.

Roti Sisir Jogja

Banyak yang mampir ke toko Roti Sisir Jogja untuk membeli oleh-oleh. Menurut beberapa pengunjung, roti di sini bertekstur lembut dan beraroma wangi butter. Andalannya, roti sisir yang berjenis klasik.

Ada total 17 varian rasa. Beberapa rasanya seperti nutella, biscoff, tiramisu, hingga ovomaltine. Bagi yang senang dengan rasa asin, bisa memilih menu smoked beef dan cheese, lemper ayam, hingga beef special. Harganya mulai dari Rp8.500.

Roti Sisir Jogja berlokasi di Jalan KH. A. Dahlan Nomor 101, Kota Jogja serta Jalan Magelang Kilometer 5,6 Nomor 42, Kota Jogja. Jam operasionalnya mulai dari 08.00 hingga 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement