Advertisement

Buka Acara Puncak Lomba Batik Sawit Nasional 2024, PJ Wali Kota Yogyakarta: Batik Sawit Luar Biasa dan Siap Mendunia

Media Digital
Sabtu, 07 September 2024 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Buka Acara Puncak Lomba Batik Sawit Nasional 2024, PJ Wali Kota Yogyakarta: Batik Sawit Luar Biasa dan Siap Mendunia PJ Wali Kota Yogyakarta, Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Kepala Divisi UKMK BPDPKS, Kadis PKU, Kadis DPMPTSP, Kadis Kebudayaan, Manajer FPPU BI DIY, Balai Batik, Pewakilan Dekranasda se/DIY, dan Ketua Pelaksana Melakukan Salam Canting pada Acara Pembukaan.

Advertisement

JOGJA—Puncak kegiatan Lomba Batik Sawit Nasional 2024 telah dilaksanakan pada hari Kamis (5/9/2024), bertempat di Taman Pintar, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan hasil inisiasi UKMK (Usaha Kecil Menengah dan Koperasi) Sawit dari Kota Yogyakarta, CV.

Smart Batik Indonesia (Smart Batik) berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta atas dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta, yang terdiri dari siswa-siswi SMK Jurusan Batik atau Tata Busana se-DIY, guru, peserta lomba desain, dan pelaku usaha batik yang dipandu langsung oleh MC muda Yogyakarta, Fridolin Belnovando.

Advertisement

CEO Smart Batik yang sekaligus ketua pelaksana, Miftahudin Nur Ihsan, mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

“Patut kita syukuri, kegiatan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Antusiasme pesertanya juga luar biasa, jumlah karya masuk sebanyak 201 karya yang berasal dari 19 provinsi di Indonesia. Dari 201 karya terpilih 10 terbaik, salah satunya berasal dari kawan tuna rungu. Hari ini kita umumkan 3 terbaiknya. Nanti juga akan ada talkshow dan workshop tentang batik sawit,” ungkap Alumni Penerima Beasiswa LPDP tersebut.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Sugiharti Mulya Handayani, berharap akan semakin banyak IKM anggota Dekranasda Kota Yogyakarta yang dalam pengembangan produk turunan sawit.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong perkembangan industri batik sawit, sekaligus mengenalkan potensi produk turunan sawit kepada masyarakat. Di mana hasil samping pengolahan minyak sawit yang dianggap sebagai limbah, dapat dimanfaatkan sebagai malam sawit, yang bisa digunakan untuk bahan produksi kain batik, Harapan kami, kedepannya semakin banyak anggota Dekranasda yang dapat terlibat dalam pengembangan produk turunan sawit,” paparnya.

Kepala Divisi UKMK BPDP Kelapa Sawit, Helmi Muhansyah, sangat mengapresiasi kegiatan kali ini dan berharap Jogja dapat terus menjadi inspirasi dalam pengembangan produk batik sawit dan produk turunan sawit.

“Lomba ini pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta, karena sebagai Kota Batik Dunia kami melihat peluang yang sangat besar bagi IKM Yogyakarta untuk memanfaatkan produk turunan sawit. Dengan banyak sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif, dapat menginisiasi pengembangan potensi batik sawit,” ungkap Helmi.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 4,9 di Gianyar Bali, BPBD Bergerak Cepat Melakukan Kajian Dampak

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto. Sugeng memberikan apresiasi kepada Smart Batik, Dekranasda Kota Yogyakarta, dan BPDP Kelapa Sawit.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya khususnya kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Dekranasda Kota Yogyakarta, dan tentunya CV. Smart Batik Indonesia yang sekaligus Ketua Pelaksana. Kegiatan ini tentunya akan menjadi penyemangat dan penambah motivasi untuk kita semua untuk terus mengembangkan batik di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Batik Sawit memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan siap mendunia. Sawit Baik, Batik Sawit Luar Biasa, Jogja Istimewa,” ungkap Sugeng.

PJ Wali Kota Yogyakarta Didampingi Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Kepala Divisi UKMK BPDPKS, dan Ketua Pelaksana (CEO Smart Batik) Membuka Kegiatan secara Resmi.

Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan pengumuan pemenang. Juara 1 diraih oleh Frangky Kurniawan dengan judul karya Cerita dari Kebun Sawit, juara 2 diraih oleh Anggi Panca Ningtiyas dengan judul karya Lembayung Sawit Nusantara, dan juara 3 diraih oleh Aruman dengan judul karya Sawit Lestari. Sementara untuk juara favorit masing-masing diraih oleh Dian Primadyka (tuna rungu), Fran Kenny Tamara, Antonius Benny Nugroho, Indriyani Putri Listiyarini, Wiwit Mulyani, Fadia Anisa Haisafari, dan Rafik Wicaksono.

Pemenang Lomba Batik Sawit Nasional 2024

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian Apresiasi 10 Desain Terfavorit Kategori Pelajar, yang diraih oleh  Selviana Sabela (SMK N 2 Gedangsari), Neza Roshida (SMK N 2 Gedangsari), Khusnul Khotimah (SMK N 3 Kasihan), RR Nadia Marfath Khairunissa (SMK N 3 Kasihan), Amalia Trihapsari (SMK N 2 Godean), Alya Hasna Khoirunina (PKBM Candradimuka), Muhammad Khafira Raihan (SMA N 2 Bondowoso), Winona Gracia Callista Liem (SMK Unggul Sakti), Ilma Rania Habibi (SMP IT BIC Bondowoso), dan Shereen Azalia Putri Kinara (SMP Negeri 1 Rengel). (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.984 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2024

News
| Senin, 16 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement