Advertisement

Antusias Warga Sruwuh Bantul Jadi Tuan Rumah Porkal Bola Voli 2024

Media Digital
Sabtu, 07 September 2024 - 19:07 WIB
Sunartono
Antusias Warga Sruwuh Bantul Jadi Tuan Rumah Porkal Bola Voli 2024 Padukuhan Sruwuh, Kalurahan Donotirto, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul menjadi tuan rumah kompetisi Pekan Olahraga Kalurahan (PORKAL) Bola Voli 2024. - Istimewa.

Advertisement

BANTUL—Padukuhan Sruwuh, Kalurahan Donotirto, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul menjadi tuan rumah kompetisi Pekan Olahraga Kalurahan (PORKAL) Bola Voli 2024. Kompetisi ini merupakan ajang turnamen bola voli antar padukuhan di wilayah Kalurahan Donotirto sekaligus mewujudkan visi damai, demokratis, maju dan sejahtera.

Turnamen Porkal Donotirto 2024 dijadwalkan akan berlangsung tanggal 9 sampai 20 September 2024, dengan tiga hari off di dalamnya. Tiga hari off dimaksudkan sebagai hari cadangan apabila pada hari terjadwal terjadi hujan atau kendala teknis lainnya yang berdampak pertandingan tidak dapat berlangsung. Adapun peserta turnamen terdiri 13 padukuhan, yaitu Kalipakel, Gading Daton, Palang Jiwan, Gading Lumbung, Gadingharjo, Mersan, Colo, Busuran, Sruwuh, Tegalsari, Metuk, Greges, dan Mriyan.

Advertisement

Kepala Pedukuhan Sruwuh Tekad Suroso berharap melalui Porkal dapat menjadi kendaraan untuk mencapai tujuan, antara lain menggalang persatuan dan kesatuan (memperkuat tali ikatan). Serta memperkuat sportivitas, menstimulus anak-anak, remaja, pemuda, dan seluruh warga masyarakat khususnya di wilayah Kalurahan Donotirto dalam menyalurkan bakat/minatnya dalam bidang bola voli. Kompetisi itu juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya olahraga/kesehatan.

"Kami merasa sangat bersyukur wilayahnya menjadi tempat turnamen Porkal. Cukup banyak manfaat positif yang akan diperoleh warganya, antara lain menggerakkan ekonomi masyarakat, belajar mengelola event pertandingan bola voli, dan menjadi sarana untuk mengembangkan atmosfer peminatan pemuda terhadap permainan bola voli yang saat ini sedang menanjak," katanya dalam rilisnya Sabtu (7/9/2024).

Riki Wiyanto, Ketua Pemuda Padukuhan Sruwuh mengungkapkan bahwa PORKAL di Sruwuh ibarat keberuntungan yang tak terduga sebelumnya. PORKAL dapat menjadi media untuk meningkatkan sportivitas sekaligus ajang saling mengenal antar padukuhan. Riki berharap, dengan adanya ajang PORKAL semoga dapat menjadikan Sruwuh lebih dikenal oleh masyarakat luas, dan dapat memunculkan bibit unggul pemain bola voli hebat.

"Bahkan, pemuda secara kompak dan penuh komitmen berencana menjadikan lapangan bola voli Padukuhan Sruwuh sebagai arena latihan/bertanding club-club yang telah punya nama besar," ujarnya.

Kegiatan PORKAL Donotirto 2024 diharapkan dapat menumbuhkan budaya positif yang telah terintegrasi dalam event turnamen, seperti disiplin, pantang menyerah, kerjasama, taat aturan, bersedia menerima sanksi apabila melakukan pelanggaran, bersungguh-sungguh. Hal itu relevan dengan ungkapan : sawiji (konsentrasi), greget (semangat), sengguh (percaya diri), dan ora mingkuh (tanggungjawab). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.984 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2024

News
| Senin, 16 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement